HONDA

Viral Meletus Gunung Marapi di Sumatera Barat 4 Kali, sejak Tengah Malam

Viral Meletus Gunung Marapi di Sumatera Barat 4 Kali, sejak Tengah Malam

Viral Meletus Gunung Marapi Di Sumatera Barat 4 Kali Dari Tengah Malam --Tiktok/riodesign

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Viral media sosial tiktok seorang dengan akun Riodesign yang membagikan meletus Gunung Marapi di Sumatera Barat 4 kali dari tengah malam tadi 27 Maret 2024.

Gunung Marapi pada akhir tahun lalu mengalami letusan yang banyak memakan korban jiwa berjumlah puluhan orang yang terindentifikasi akibat dari aktifitas meningkatnya gunung vulkanik.

Diakui dalam akun tiktok tersebut menjelaskan malam tadi Gunung Marapi meletus besar hingga abu hitamnya terlihat di daerah sekitar Gunung diantaranya daerah Bukit Tinggi Sumatera Barat.

Angin kencang juga dirasakan sampai Pariaman, "Biasanya keluarga yang di Pariaman abunya kesana." Dengan jarak 6 Km dari Gunung Marapi dikatakan masih siaga.

Berdasarkan informasi dari akun tiktok tersebut Pariaman sudah terjadi hujan abu vulkanik karena besarnya angin membawa kesana sehingga di Bukit Tinggi meskipun dekat namun tidak terjadi hujan abu vulkanik.

BACA JUGA:Putusan MK Bukan Penghalang, Rohidin Mersyah Mulus dengan 10 Kursi Maju di Pemilukada 2024

"Digunung Marapi tidak diperbolehkan untuk mendaki lagi," ujarnya. Sehingga kemungkinan tidak ada korban jiwa yang seperti tahun kemaren karena masih dibuka untuk para pendaki di Gunung Marapi.

Dalam komentar di akun tiktok tersebut suara letusannya sudah sampai di beberapa kota terdekat diantaranya kota Jambi sedangkan asapnya terdapat sampai Pariaman kabupaten Sumatera Barat. 

"Semalam nampak api meletusnya 1 kali setelah itu pagi tadi hingga siang ini sudah 3 kali Gunung Marapi meletus mengeluarkan asap dari puncak gunung," ujarnya. 

Hingga pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB asap tebalnya sudah tidak ada lagi namun hingga saat tersebut tidak ada hujan sehingga saat ini belum diketahui ada korban jiwa atau tidak.

Setelah kejadian tewasnya pendaki di Gunung Marapi akibat letusan Pemerintah memberikan larangan kepada para pendaki untuk menutup semua aktifitas di area sekitar Gunung Marapi.

BACA JUGA: Gigi Kuning yang bisa Bikin Kamu Malu? Baca Tips ini untuk Mengatasinya!

"Awalnya bergemuruh kemudian baru keluar bunyi letusan dan mengeluarkan asap tebal dari puncak Gunung Marapi tapi alhamdulillah tidak terjadi apa-apa masih siaga," ujarnya.

Dari meletusnya Gunung Marapi didaerah tersebut tidak turun hujan sehingga suasana semakin menambah panas daerah sekitarnya. Didalam akun tiktok Riodesign memberikan informasi mengenai meletusnya Gunung Marapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"