HONDA

Kaya Vitamin C dan Antioksidan, Kubis Brussel Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah, Ini 10 Manfaatnya

Kaya Vitamin C dan Antioksidan, Kubis Brussel Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah, Ini 10 Manfaatnya

--Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kamu tentu sering mendengar nama sayuran Brussel Sprout atau kubis brussel atau kol mini yang tengah populer. 

Sayuran spesies ini berasal dari ibukota Belgia, Brussel yang ditemukan pada abad ke-16. Banyak yang tidak suka dengan kol yang satu ini, sebab rasanya pahit dan ada berbau. 

Padahal kubis brussel ini kaya akan vitamin C dan antioksidan, ada 10 manfaat yang bisa kamu ambil bila mengonsumsi kubis brussel ini. Salah satunya bisa membantu mengendalikan gula darah. 

BACA JUGA:Penerimaan Pajak atas Usaha Ekonomi Digital Terkini : Rp 23,04 Triliun

Kandungan gizi lainnya berdasarkan penelitian National Institutes of Health’s (NIH) selain Vitamin C yang memenuhi 81 persen kebutuhan harian, juga ada kandungan vitamin K yang dapat memenuhi rekomendasi harian. 

Lalu ada kalori, protein, karbohidrat dan serat yang memenuhi kebutuhan harian. Lalu ada vitamin A 12 persen kebutuhan harian, asam folat, mangan dan antioksidan. Lalu zat besi, Vitamin B6, tiamin, magnesium, fosfor dan  kalsium glycosinolate glucobrassicin. 

Kebanyakan kubis brussel ini seringkali direbus atau dipanggang, kubis brussel memberi rasa segar dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Serunya Tradisi Perayaan Lebaran Unik di Seluruh Dunia

Kubis Brussel berasal dari keluarga sayuran Brassicaceae. Sejatinya kubis brussel merupakan hasil persilangan sayuran yang memiliki karakteristik seperti kembang kol, sawi dan kangkung. 

Sayangnya sementara ini masyarakat Indonesia tidak begitu akrab kubis brussel ini, meski sudah mulai banyak dijual di pasaran. Yuk simak manfaat kubis brussel untuk kesehatan. 

 

1. Mencegah Kanker

Lantaran kandungan antioksidan yang tinggi, kubis brussel dapat membantu mencegah penyakit kanker. Antioksidan merupakan senyawa guna membunuh radikal bebas penyebab kerusakan sel yang memicu kanker. 

BACA JUGA:Yuk Kenali Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Belahan Dunia!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: