HONDA

Kajian Islam Ustadz Abdul Somad: Pentuan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah

Kajian Islam Ustadz Abdul Somad: Pentuan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah

Kajian Islam Ustadz Abdul Somad : Pentuan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah--Tiktok/afathama

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Kajian Islam hari ini bersama Ustadz Abdul Somad membahas masalah pentuan hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang akan ditentukan oleh pemerintah.

Ada 2 organisasi masyarakat yang akan menetapkan Idul Fitri selain pemerintah, ada Muhammadiyah dan juga Nahdlatul Ulama yang juga menjadi tolak ukur masyarakat Indonesia dalam menentukan 1 Syawal.

Untuk itu Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan perihal penetapan hari raya tersebut dalam dakwah yang disampaikannya kepada para jemaah yang mengikuti ceramahnya.

Umat Muslim di Indonesia sangat menunggu ketentuan yang diberikan oleh pemerintah khususnya dalam menentukan kapan 1 Syawal terjadi, sehingga dapat mempersiapkan segala sesuatunya.

BACA JUGA:Kajian Islam Ustadz Adi Hidayat: Lailatul Qadar Menurut Hadist Benarkah di Malam Jumat

Ustadz Abdul Somad mengatakan dalam ceramahnya dikutip dalam potongan video akun tiktok afathama yang menjelaskan mengenai 1 Syawal atau hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Sudah terdengar isu bahwa hari raya kita 10 April 2024 karena berdasarkan hisab. Untuk ilmu astronomi dan ilmu falak tanggal 9 April 2024 hilal 4 derajat," jelasnya.

Kemudian Ustadz Abdul Somad berkata, berdasarkan ilmu astronomi, untuk menentukan hilal tersebut pada 9 April 2024 terjadi hilal di 4 derajat sehingga besoknya dapat ditetapkan sebagai 1 Syawal 2024.

Untuk kesepakatan Mabims atau Majelis Agama Islam dalam 4 negara yakni terdiri dari Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura menentukan bahwa 2 derajat sudah nampak anak bulan, hal itu disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad.

BACA JUGA:Kajian Islam Ustadz Abdul Somad, Benarkah Sulit Dapat Anak Karena Dosa?

"Nanti tanggal 9 April 2024 hari selasa sudah 4 derajat jadi menurut ilmu astronomi sudah nampak anak bulan jadi hari raya jatuh pada hari Rabu," ungkap Ustadz Abdul Somad.

Untuk menentukan besaran derajat pada anak bulan maka ditentukan dengan lebih dari 2 derajat hilal, sehingga dapat dipastikan keesokan harinya sudah hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Sedangkan pada 9 April 2024 terjadi hilal di 4 derajat sehingga dapat dipastikan tanggal 10 hari Rabu nanti tepat 1 Syawal Idul Fitri 1445 Hijriyah, sehingga dapat ditentukan dalam kondisi ilmu astronominya.

Sebagai umat Muslim memiliki 2 kriteria dalam perhitungan menentukan hari raya Idul Fitri, pertama dengan cara hisab perhitungan yang biasa dilakukan oleh organisasi masyarakat seperti Muhammadiyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: