HONDA

1 Syawal 1445 H Jatuh pada Tanggal Berapa dan Hari Apa? Ini Dia Jawaban Pemerintah, NU dan Muhammadiyah

1 Syawal 1445 H Jatuh pada Tanggal Berapa dan Hari Apa? Ini Dia Jawaban Pemerintah, NU dan Muhammadiyah

1 Syawal 1445 H Jatuh pada Tanggal Berapa dan Hari Apa? Ini Dia Jawaban Pemerintah, NU dan Muhammadiyah--Instagram.com/ nuonline_id

Hasil sidang isbat ini akan ditetapkan melalui pengamatan hilal yang akan diinformasikan dari sejumlah titik di Indonesia.

BACA JUGA:Mudik Aman Bersama Astra Siaga Lebaran, Ada 16 Pos Siaga di Jalur Mudik Pulau Jawa, Bali dan Sumatera

1 Syawal Versi NU

Sama halnya dengan pemerintah, Organisasi Islam Nahdlatul Ulama atau (NU) belum juga menetapkan 1 Syawal jatuh pada tanggal dan hari apa.

Seperti pada tahun-tahun yang sebelumnya, NU juga akan menetapkan 1 Syawal setelah mempertimbangkan hasil dari sidang isbat yang akan diselenggarakan oleh pemerintah hari ini yaitu 9 April 2024.

1 Syawal Versi Muhammadiyah

Berbeda dengan pemerintah NU, Organisasi Islam Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari apa dan tanggal berapa dari jauh-jauh hari.

Dengan ketetapan 1 Syawal tersebut tertuang didalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang dimana Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, yaitu Syawal dan Dzulhijjah 1445 H.

BACA JUGA:Kajian Islam Ustadz Adi Hidayat: Mau Lebaran Telepon Allah, Bagaimana Caranya?

Berdasarkan dari maklumat tersebut, maka PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1445 H/2024 M, yaitu jatuh pada Rabu 10 April 2024. Dan penetapan tersebut berdasarkan dari metode hisab.

Jadwal Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 2024

Seperti disebutkan sebelumnya, penetapan 1 Syawal akan ditetapkan oleh pemerintah yaitu melalui sidang Isbat.

Dikutip dari laman Kementerian Agama RI, dalam penentuan sidang Isbat 1 Syawal 1445 H akan dilaksanakan pada Selasa 9 April 2024 yaitu dimulai pukul 01.20 WIB.

Sidang isbat ini akan diselenggarakan secara tertutup di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, di Jalan MH Thamrin, Jakarta.

BACA JUGA:Lebaran Segera Tiba, Ini 8 Persiapan yang Biasa Dilakukan Sebelum Hari Raya Idul Fitri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: