HONDA

Unik! 6 Tradisi Rayakan Lebaran dari Berbagai Negara, Nomor Enam Paling Tradisional

Unik! 6 Tradisi Rayakan Lebaran dari Berbagai Negara, Nomor Enam Paling Tradisional

6 Tradisi Lebaran Di Berbagai Negara Menarik dan Unik, Dari Afganistan Hingga India--Instagram/solotechnopark_official

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Umat Islam dari belahan dunia sangat menyambut gembira kedatangan Idul Fitri sebagai bentuk hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa. 

Setiap negara memiliki ciri khas sendiri dalam membentuk bangsanya dengan kebudayaan yang dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat di suatu negara tertentu.

Faktor semakin besar suatu negara harus semakin menghargai tradisi dan kebudayaan yang dimiliki, karena itu merupakan salah satu bentuk ketahanan suatu bangsa.

Bangsa yang memiliki ketahanan budaya dan tradisi harus dilestarikan terutama dalam menyambut hari besar keagamaan umat Islam yakni Lebaran Idul Fitri.

BACA JUGA:6 Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Menarik dan Unik

Berikut ini 6 tradisi rayakan Lebaran dari berbagai negara di belahan dunia yang menarik dan unik, antara lain:

1. Malaysia

Hampir sama dengan Indonesia, tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Malaysia yang memiliki ciri khas melayu hampir sama seperti berbagi THR, berbaju melayu dan bersilaturahmi.

Namun, ada yang unik di Malaysia yakni tradisi bernama Panjut Pelita, sebuah tradisi dengan menghidupkan lampu minyak didepan rumah sebagai simbol penanda untuk menyambut keluarga yang mengunjungi rumah mereka.

Itu sebagai pelita kehidupan, sehingga cahaya yang timbul menjadi besar maknanya karena didalam kegelapan masih ada cahaya yang menerangi kegelapan sebagai simbol datangnya kemenangan.

BACA JUGA:Makna, Sejarah dan Awal Mula Tradisi Halal Bi Halal

Setelah 1 bulan menjalankan ibadah puasa saatnya di bulan Syawal memeriahkan lebaran dengan suka cita untuk bersilaturahmi bersama keluarga besar terjadi juga di Malaysia.

2. Afganistan

Afganistan memiliki tradisi yang unik dan menarik yakni perang telur disebut Tokhm Jangi, yang mana akan menjadi sebuah lomba yang diperuntukan untuk memeriahkan hari raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: