HONDA

6 Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Menarik dan Unik

6 Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Menarik dan Unik

6 Tradisi Lebaran Di Berbagai Wilayah Indonesia Menarik dan Unik--Instagram/kotajakartatimur

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Indonesia memiliki keanekaragaman dalam menjalankan hari besar keagamaan yang selalu memiliki ciri khas di setiap daerahnya.

Berikut ini 6 tradisi lebaran di berbagai wilayah Indonesia yang menarik dan unik untuk dilihat dan disaksikan. 

Indonesia, dari Sabang hingga Marauke memiliki identitas berbeda-beda dalam menyambut hari besar umat Islam ini, namun itulah yang menjadi tumbuh dan berkembangnya suatu negara.

Hal ini dikarenakan semakin besar suatu negara harus semakin menghargai tradisi dan kebudayaan dari negara tersebut, untuk itu kamu bisa mengetahui 6 tradisi lebaran di Indonesia.

BACA JUGA:Makna, Sejarah dan Awal Mula Tradisi Halal Bi Halal

Sebagai bangsa yang memiliki ketahanan budaya, berikut ini ada 6 tradisi yang bisa dijadikan pemersatu kebhinekaan dari Indonesia dengan kemeriahan Idul Fitri.

Berikut ini 6 tradisi lebaran dari berbagai wilayah Indonesia yang menarik dan unik untuk disaksikan dan ketahui, dikutip dari akun rumahanakpancasila:

1. Perang Topat dari Nusa Tenggara Barat 

Keseruan lebaran di Nusa Tenggara Barat disebut dengan perang Topat atau dikenal dengan perang ketupat yang khusus ada di hari lebaran dari Lombok, sehingga menambah semarak Idul Fitri.

BACA JUGA:Baru Tahu! Ternyata Ini Asal-usul Tradisi Sungkeman Saat Hari Lebaran

Perang Topat ini hadir di hari keenam lebaran, tradisi ini saling melemparkan ketupat yang dipercaya oleh masyarakat Lombok sebagai bentuk toleransi beragama.

Dahulu kalanya tradisi ini untuk memperkuat kerukunan beragama diantara umat Hindu dan Islam di daerah Lombok Nusa Tenggara Barat sehingga itulah menjadi simbol keseruan beragama.

2. Meriam Karbit dari Kalimantan Barat

Lain halnya di Kalimatan Barat ada tradisi yang disebut Meriam Karbit, menjadi keunikan menyambut lebaran yang dijalankan oleh masyarakat Pontianak Kalimatan Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: