HONDA

Asal Usul Nenek Moyang Suku Bangsa Indonesia, Ini Dia Pendapat Para Ahli

Asal Usul Nenek Moyang Suku Bangsa Indonesia, Ini Dia Pendapat Para Ahli

Ini dia pendapat para ahli mengenai asal usul nenek moyang suku bangsa Indonesia.--Facebook.com/RandocTariuBusak

BACA JUGA:Menggunakan Huruf Hanggul Korea, Uniknya Suku Cia-Cia di Pedalaman Indonesia, Bahasa Wolio Terlupakan

Diketahui bangsa Proto Melayu ini mempunyai kebudayaan yang lebih tinggi dibandingkan manusia purba sebelumnya, dimana kebudayaan tersebut batu baru atau zaman neolithikum yang pembuatan batunya sudah dihaluskan. 

Dan tradisi tersebut akhirnya dibawa oleh orang-orang Autranesia yang datang dari arah Utara atau melalui Filipina dan Sulawesi dan anak keturunan asli dari bangsa Proto Melayu tersebut ialah suku Dayak dan Suku Toraja.

b. Periode Deutero Melayu

Selanjutnya Gelombang ke 2 yaitu bangsa Deutero Melayu atau Melayu Muda yang selanjutnya berhasil mendesak dan akhirnya berasimilasi dengan bangsa pendahulunya yaitu bangsa proto Melayu. 

Adapun hal ini terjadi pada kurun waktu sekitar tahun 400 sampai 300 Sebelum Masehi gelombang ke 2nenek moyang bangsa Indonesia datang ke wilayah Nusantara. 

BACA JUGA:5 Tradisi Unik Suku Sunda di Provinsi Jawa Barat yang Masih Dilaksanakan Hingga Sekarang

Diketahui bangsa melayu muda ini masuk ke Nusantara dari jalur barat dengan menempuh rute dari Yunan atau lebih tepatnya Teluk Tonkin, Vietnam, semenanjung Malaysia, hingga akhirnya sampai di wilayah Nusantara. 

Adapun suku bangsa ini sudah mempunyai kebudayaan yang lebih maju dibandingkan bangsa pendahulunya karena telah menghasilkan barang-barang dari perunggu dan besi. 

Nah itulah tadi, asal usul nenek moyang suku bangsa Indonesia, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: