HONDA

Bunga Tahi Ayam dengan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Bunga Tahi Ayam dengan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dari bunga tahi ayam untuk kesehatan tubuh--Instagram/linisehat.media

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kenalkah kalian dengan bunga tahi ayam atau lebih dikenal dengan nama bunga tahi kotok dalam bahasa Jawa atau bunga tahi ancok dalam bahasa Sumatera?

Ternyata dalam nama latin African Marigold, tanaman ini merupakan bunga tahi ayam yang berwarna kuning dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia dikutip dari website lindungihutan.com.

Bunga tahi ayam ini memiliki warna kuning yang cerah dengan bau yang kurang sedap, makanya di Indonesia terkenal dengan nama tersebut. Bungan ini biasanya tumbuh diperkarangan rumah dan tumbuh liar.

Bunga yang cantik bermekaran, namun ketika didekati bau tidak sedap menyengat di hidung. Itulah mangkanya di Indonesia bunga ini tidak ada yang tertarik untuk memetiknya karena aroma yang ditinggalkan.

BACA JUGA:Ayo ! Miliki Rumah Impian Berhadiah Saldo Tabungan hingga Rp 5 Juta di Pesta Hadiah BSI Griya

Namun, tahukah kamu ternyata bunga ini mengandung banyak sekali manfaat baik untuk tubuh, yang memiliki kandungan yang bagus untuk pengobatan herbal dan tradisional ala orang Indonesia.

Ternyata dalam penelitiannya bunga tahi ayam ini mengandung antioksidan yang tinggi yakni lutein yang berfungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh yang berlebih sehingga memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Untuk itu, sebagai bahan obat herbal dan tradisional kamu dapat menggunakan bunga tahi ayam ini yang walaupun kurang menarik dan baunya yang tidak sedap namun memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Bukan hanya untuk tubuh, kemampuannya dalam mengusir serangga, hama dan jamur juga dapat digunakan dalam sistem pertanian agar memudahkan petani mendapatkan pestisida dan pupuk alami.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu Wahana Anisa di Kota Curup Bengkulu, Ada Taman Bunga Juga Kolam Pemandian

Radikal bebas dalam sel tubuh dapat memicu menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan untuk kesehatan kamu, untuk itu sebagai solusi alamiah yang dapat kamu aplikasikan dengan bunga tahi ayam.

Tentunya tidak sulit untuk membuat obat herbal tradisional dari bunga tahi ayam ini dengan cara menyeduhkannya, dibuat seperti teh sehingga kamu dapat meminum ekstrak dari bunga tahi ayam ini.

Selain itu bunga tahi ayam ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang ada di tubuh manusia, berikut ini apa saja yang dapat membantu dalam mengobati dan menggunakan obat herbal ini.

Tentunya tanaman dengan bunga majemuk ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh manusia sebagai bentuk kesehatan tubuh dan juga untuk sistem pertanian yang membantu para petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: