HONDA

Kenali Penyakit Beguk Anjing atau Gondongan, Penyebab serta Mengatasinya

Kenali Penyakit Beguk Anjing atau Gondongan, Penyebab serta Mengatasinya

Penyebab serta mengatasi penyakit beguk anjing atau gondongan.--Instagram.com/ZaskiaAdyaMecca

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Diketahui penyakit gondongan adalah salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia, kalau di Bengkulu penyakit gondongan ini dikenal dengan nama beguk anjing atau ada juga yang menyebutkan baguk anjing.

Penyakit ini disebabkan karena kekurangan yodium sebagai pemicunya, yang memiliki tanda seperti bengkak di leher dan merasa tidak nyaman.

Penyakit gondongan ini bisa menjadi serius dan termasuk merupakan penyakit menular.

Diketahui, penyakit gondongan (beguk anjing) atau bahasa ilmiahnya yaitu mumps/parotitis, penyakit yang disebabkan oleh virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah yang berada di antara telinga dan juga rahang. 

BACA JUGA:Konsumsi dalam Batas Wajar, Ini 5 Manfaat Durian Bagi Kesehatan

Adapun untuk gejalanya meliputi pembengkakan pada leher atas atau pipi bawah, yang mana dapat menyerang anak-anak ataupun dewasa.

Untuk penularan penyakit gondongan ini mirip dengan penyakit flu yang menyebar melalui bersin, batuk, atau kontak dengan benda yang terinfeksi. 

Yang bisa menyebar melalui peralatan makan, bantal, pakaian, atau benda lainnya dan menginfeksi orang yang melakukan kontak dengan benda-benda tersebut. 

Meskipun menular, namun penyakit ini bukan penyakit yang bisa menular dengan cepat seperti penyakit campak atau cacar air.

BACA JUGA:12 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Termasuk Wajah Bebas Jerawat

Dimana gejala penyakit ini biasanya muncul setelah 14 sampai 25 hari, hal ini termasuk dengan pembengkakan kelenjar parotis, nyeri pada saat mengunyah, demam, mulut kering, nyeri perut, kehilangan nafsu makan, kelelahan, dan juga sakit kepala.

Adapun untuk pengobatan penyakit ini termasuk istirahat cukup, minum air putih, pemilihan makanan tepat, kompres air hangat, dan juga mengkonsumsi sayuran kaya yodium, dandellion dan juga bawang putih. 

Adapun untuk cara Mengobati Penyakit Godongan atau Beguk anjing ini antara lain:

1. Beristirahat yang Cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: