HONDA

Wajib Tahu! Ini Daftar Tarif Listrik Terbaru untuk Tiap Golongan per Bulan Mei 2024

Wajib Tahu! Ini Daftar Tarif Listrik Terbaru untuk Tiap Golongan per Bulan Mei 2024

Wajib Tahu! Ini Daftar Tarif Listrik Terbaru untuk Tiap Golongan per Bulan Mei 2024--Instagram.com/ grha_mandiri

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Wajib tahu! Ini daftar tarif listrik terbaru untuk tiap golongan per bulan Mei 2024.

PT. Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) telah menetapkan tarif listrik untuk 13 golongan sekaligus.

Bagi pelanggan nonsubsidi pada periode per bulan Mei 2024, tarif yang ditetapkan telah sesuai dengan keputusan pemerintah untuk menjaga tarif komoditas energi sampai bulan Juni 2024.

Dimana PLN siap mendukung upaya pemerintah untuk menghadirkan listrik yang tetap handal dan juga terjangkau untuk seluruh pelanggan.

BACA JUGA:Kopi 1001, Kopi Legendaris Masyarakat Bengkulu dengan Cita Rasa yang Khas

PLN juga telah melalukan upaya efisiensi dan digitalisasi yang akan menjadi kunci dalam mewujudkan dukungan terhadap program pemerintah saat ini.

Adapun, penyampaian dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang telah memutuskan tarif listrik triwulan II/2024 untuk 13 golongan pelanggan PLN nonsubsidi tetap, tidak akan mengalami kenaikan.

Dimana ekonomi makro yang digunakan untuk penetapan tarif listrik triwulan II/2024 adalah realisasi dari November 2023, Desember 2023, dan juga Januari  2024.

Yaitu kurs sebesar Rp15.580,53 per US$, ICP sebesar US$77,42 per barel, inflasi yaitu sebesar 0,28% dan HBA sebesar US$70 per ton, sesuai kebijakan DMO batu bara.

Berdasarkan dari empat parameter tersebut, seharusnya penyesuaian tarif tenaga listrik untuk pelanggan nonsubsidi akan mengalami kenaikan, namun untuk menjaga daya beli masyarakat maka pemerintah memutuskan bahwa tarif listrik tidak naik.

esuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 jo Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2023, dimana penyesuaian tarif tenaga listrik untuk pelanggan nonsubsidi dilakukan setiap 3 bulan dengan mengacu pada perubahan terhadap realisasi parameter ekonomi makro.

BACA JUGA:4 Jenis Kopi yang Populer di Nusantara, Memiliki Cita Rasa Serta Keunikan Tersendiri

Yakni kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, serta dengan harga batu bara acuan (HBA).

Sementara itu, untuk tarif tenaga listrik bagi 25 golongan pelanggan yang bersubsidi juga tidak mengalami perubahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: