HONDA

Pestisida Nabati dari Daun Ddn Biji Mimba untuk Perkebunan Kopi di Kepahiang, Ampuh Kendalikan Hama

Pestisida Nabati dari Daun Ddn Biji Mimba untuk Perkebunan Kopi di Kepahiang, Ampuh Kendalikan Hama

Pestisida Nabati dari Daun Ddn Biji Mimba untuk Perkebunan Kopi di Kepahiang, Ampuh Kendalikan Hama--Instagram/Gokomodo.indonesia

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COMPestisida Nabati dari Daun Ddn Biji Mimba untuk Perkebunan Kopi di Kepahiang, Ampuh Kendalikan Hama.

Pestisida nabati dari daun dan biji mimba untuk perkebunan kopi di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu yang dapat membasmi serangan hama pada tanaman.

Kabupaten Kepahiang merupakan daerah di Provinsi Bengkulu yang tentunya menjadi penghasil kopi terbaik di wilayah ini sehingga perlu sekali pestisida nabati untuk membantu pengendalian hama tanaman.

Tentunya serangan dari organisme pengganggu tumbuhan yang biasa disebut dalam istilah pertanian OPT adalah menjadi masalah sistem pertanian, pada tanaman untuk perkebunan kopi khususnya.

BACA JUGA:Dikira Hanya Candaan, Ternyata Kopi Campur Garam Miliki Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan

Serangan hama ini menurunkan kualitas produksi pada tanaman khususnya kopi, ini yang dapat berpengaruh besar atas hasil panen biji kopi yang dapat membuat kualitas kopi menjadi menurun.

Untuk itu, diperlukan sekali ekstrak dari daun dan biji mimba untuk menjadi pestisida nabati yang akan membantu petani Kepahiang dalam memproduksi tanaman kopi dengan kualitas kopi yang baik.

Jika serangan OPT hama ini tidak dilakukan penanganan dengan baik, akan menjadi kerugian besar pada petani, sedangkan penggunaan pestisida kimia akan membuat lingkungan tercemar dari bahayanya.

Itu juga tidak bagus untuk unsur hara pada tanah tanaman sehingga ada alternatif lainnya yang didapatkan dari daun dan biji mimba yang lebih alamiah dan ramah lingkungan untuk dijadikan pestisida nabati.

BACA JUGA:Ampuh! Usir Nyamuk Hanya Pakai Bubuk Kopi dan Kamper

Untuk itu, di daerah Kepahiang dapat mengaplikasikan pestisida alami dan pestisida nabati (Pesnab) yang dikutip dalam website dirjenbun.pertanian ini, sehingga menjadi salah satu pengendali hama.

Untuk penyebab utama perkebunan kopi terkena serangan hama yakni bernama hama penggerek buah kopi atau Hypothenemus hampei (Ferr) yang biasa disebut dengan PBKo.

Serangan hama ini termasuk dalam ordo coleoptera yang menjadi masalah di perkebunan kopi dengan morfologi tubuh hewan ini berwarna hitam dan kecoklatan mengkilap.

Tentunya hama penggerek dari tanaman kopi ini akan menyerang buah kopi yang masih hijau dan juga berwarna merah dan hitam kering karena semua bentuk biji ini akan diserang oleh hama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: