BANNER KPU
HONDA

Membuat Pupuk Nabati dari Daun Lamtoro atau Petai Cina, Begini Caranya

Membuat Pupuk Nabati dari Daun Lamtoro atau Petai Cina, Begini Caranya

Cara Pembuatan Pupuk Nabati Dari Dari Daun Lamtoro Atau Daun Petai Cina--Facebook/ruang organik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Pasti banyak yang belum mengenal daun lamtoro atau biasa orang mengenalnya dengan sebutan daun petai cina yang sangat familiar ditengah masyarakat.

Ternyata ada cara pembuatan pupuk nabati dari daun lamtoro atau yang kita kenal dengan istilah daun petai cina yang bentuknya kecil-kecil memiliki berbagai manfaat untuk tanaman.

Khususnya bagi kamu yang memiliki tanaman ini baiknya untuk jangan ditebang karena ada banyak sekali yang dapat dimanfaatkan dalam hal pertanian menggunakan daun lamtoro.

Biasanya daun lamtoro atau dikenal dengan sebutan daun petai cina ini digunakan untuk membuat pupuk urea yang menjadi salah satu alternatif pupuk nabati yang bisa dimanfaatkan oleh para petani.

BACA JUGA:Penyaluran Pupuk Subsidi di Bengkulu Mencapai 11.130 Ton pada Awal 2024

Untuk pembuatannya juga sangat mudah dan tidak memerlukan berbagai bahan yang cukup dilakukan atau dikerjakan di rumah karena efektivitas pembuatannya lebih gampang.

Untuk para pemula baik sekali pupuk ini digunakan untuk berbagai tanaman karena fungsinya sebagai pupuk nabati yang baik sekali untuk menutrisi tanaman agar lebih subur.

Daun lamtoro ini disebut juga dengan leucaena leucocephala atau biasa masyarakat menamainya dengan daun petai cina mengandung berupa senyawa alkaloid, saponin dan flavonoid.

Selain itu ada triterpenoid, Leo Canin, protein, kalsium, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A dan B yang terkandung di dalamnya, maka dari itu memiliki manfaat yang baik dalam penggunaan sebagai pupuk nabati untuk tanaman.

BACA JUGA:Tak Banyak Petani Tahu, Ini Pupuk Masa Peralihan, Masa Vegetatif dan Generatif

Sehingga selain ada berbagai kandungan yang disebutkan yakni unsur hara pada daun lamtoro atau biasa disebut dengan petai Cina yaitu terdiri dari 3,84% nitrogen, 0,2% P, 2,06% Kalium, 1,31%Carbon dan 0,33% Magnesium. 

Kandungan tersebut sangat baik sebagai pupuk nabati pada daun lamtoro atau biasa disebut dengan daun petai cina yang bermanfaat baik pada tanaman.

Kandungan yang terdapat dalam daun lamtoro tersebut dapat membuat tanaman bernutrisi karena manfaat besarnya yang dapat menyuburkan tanaman jika digunakan sebagai pupuk.

Untuk pembuatan pupuk npk menggunakan daun lamtoro atau disebut juga dengan daun petai cina ini dapat dilakukan berbagai langkah berikut dikutip dalam akun Facebook ruang organik, yakni:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: