BANNER KPU
HONDA

12 Bangunan di Mukomuko Rusak Dihantam Gelombang Pasang di Sepanjang Pesisir Pantai Air Punggur

12 Bangunan di Mukomuko Rusak Dihantam Gelombang Pasang di Sepanjang Pesisir Pantai Air Punggur

Dihantam gelombang pasang di sepanjang pesisir Pantai Air Punggur, sebanyak 12 bangunan di Mukomuko rusak.--ANTARA/Ferri

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko mencatat sedikitnya 12 bangunan rusak akibat gelombang pasang yang melanda pesisir pantai Air Punggur, Kelurahan Koto Jaya.

Bangunan yang terdampak terdiri dari kios, warung, dan tempat usaha yang juga berfungsi sebagai tempat tinggal.

"Sebanyak 12 bangunan yang rusak tersebut berada sepanjang pesisir pantai Air Punggur," ujar Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko, Ahmad Hidayat Syah, dikutip antaranews.com pada Selasa, 4 Juni 2024.

Ahmad menyampaikan hal ini setelah meninjau langsung bangunan yang terkena gelombang pasang pada Selasa sekitar pukul 04.30 WIB.

BACA JUGA:Pertamina Pastikan Distribusi BBM di Bengkulu Aman Pascaevakuasi Tongkang

Dari 12 bangunan yang terdampak, dua di antaranya mengalami kerusakan parah, sementara sisanya mengalami kerusakan ringan.

"Dua bangunan warung atau kios yang rusak parah tersebut milik Inas (32) dan Nanda (35), warga asal Padang yang telah lama tinggal di daerah ini," jelas Ahmad.

Inas tinggal di bangunan warung bersama anaknya, sedangkan Nanda tinggal bersama istri dan dua anaknya. Akibat kerusakan parah, kedua keluarga ini terpaksa mengungsi ke rumah kerabat mereka di Mukomuko.

"Walaupun mereka berasal dari Padang, Sumatera Barat, mereka sudah lama tinggal di sini dan memiliki keluarga untuk tempat mengungsi," tambahnya.

BACA JUGA:Korupsi Dana BOS, Oknum Kepala Sekolah dan Bendahara SMP di Bengkulu Ditahan Polisi

Sedangkan 10 bangunan lainnya hanya mengalami kerusakan ringan pada bagian atap dan dinding, sehingga masih bisa ditempati.

Ahmad mengimbau warga yang memiliki tempat usaha di sepanjang pantai Air Punggur untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gelombang pasang susulan.

Selain itu, ia juga meminta pengguna kendaraan, baik roda dua maupun empat, untuk berhati-hati saat melintas di Jalan Lintas Sumatera yang turut terdampak gelombang pasang.

Untuk informasi lebih lanjut dan bantuan, warga dapat menghubungi BPBD Kabupaten Mukomuko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: