BANNER KPU
HONDA

5 Manfaat Sayur Gambas, Salah Satunya Dapat Menekan Perkembangan Kanker

5 Manfaat Sayur Gambas, Salah Satunya Dapat Menekan Perkembangan Kanker

5 Manfaat Sayuran Gambas, Salah Satunya Dapat Menekan Perkembangan Kanker--Instagram.com/ nkcafamalang

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sayuran Gambas atau lebih dikenal oyong adalah tanaman yang pada umumnya tumbuh di wilayah subtropis di Asia.

Tanaman ini sangat banyak dibudidayakan di India, Asia Tenggara, Cina, Jepang, Mesir dan Afrika.

Oleh karena itu, manfaat dari sayuran gambas sangat banyak yaitu diantaranya mengobati rinitis alergi, antiradang, dan juga mencegah berbagai penyakit. 

Dalam Jurnal Frontiers in Pharmacology lebih lanjut menerangkan bahwa sayuran yang satu ini juga mengandung sejumlah kecil antioksidan seperti antrakuinon dan flavonoid yang sangat membantu untuk memerangi radikal bebas.

Sayuran gambas adalah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori karena gambus tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Mata dengan Selada, Ini 8 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Oleh sebab itu, sayuran gambas sering direkomendasikan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dari sayuran gambas atau oyong yang bisa Anda dapatkan, yakni:

1. Menekan perkembangan kanker

Dalam sebuah penelitian terbaru dari Biomedicine & Preventive Nutrition memperlihatkan ekstrak metanol oyong dapat mengurangi perkembangan tumor ganas pada tikus secara signifikan. 

Peneliti juga telah mengamati efek penghambatan ekstrak etanol dari daun gambas pada garis sel kanker paru-paru manusia, dan hasil penelitian pada hewan ini menunjukkan secara signifikan dapat meningkatkan kematian pada sel kanker. 

2. Melindungi fungsi liver (hati)

Dalam studi Frontiers in Pharmacology melaporkan potensi terapi gambas terhadap penyakit hati (liver), dimana ekstrak etanol gambas yang menunjukkan aktivitas pelindung hati yang lebih signifikan. 

Sayuran yang satu ini secara signifikan mengurangi SGPT dan SGOT (enzim untuk mencerna lemak protein), kolesterol, bilirubin, protein total, albumin, dan trigliserida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: