BANNER KPU
HONDA

Perlu Tahu, 8 Manfaat Buah Menteng yang Ampuh Mencegah Kanker

Perlu Tahu, 8 Manfaat Buah Menteng yang Ampuh Mencegah Kanker

Perlu Tahu, 8 Manfaat Buah Menteng yang Ampuh Mencegah Kanker--Instagram.com/ daly_green_wonogiri

BENGKULU, RAKYATBENGKULU,COM - Buah menteng memang kurang populer dan cukup sulit untuk ditemui. Namun, Buah khas Indonesia ini memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Buah menteng atau Baccaurea racemosa merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di daerah Sumatera dan juga di Jawa.

Buah yang berukuran kecil dan hampir mirip dengan duku ini memiliki kulit yang berwarna cokelat dan kekuningan. Teksturnya cukup tebal dan juga lumayan keras, sedangkan daging buahnya berwarna putih atau merah dan rasanya cukup manis dan sedikit asam bila sudah matang.

Tentunya ada banyak nutrisi yang terkandung dalam buah menteng ini, seperti kalsium, protein, karbohidrat dan juga fosfor. Selain itu, buah manteng ini juga mengandung  zat besi, air, lemak dan juga dengan serat.

BACA JUGA:8 Manfaat Kesehatan Bila Rutin Konsumsi Sayur Okra, Diantaranya Menurunkan Kolesterol

Nah, dari berbagai kandungan nutrisinya tersebut, berikut ini ada beberapa manfaat dari buah menteng yang dapat diperoleh dirangkum Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber, yakni:

1. Menurunkan tekanan darah

Buah menteng dikenal akan jumlah proteinnya yang sangat tinggi, dimana asupan tinggi protein dan rendah lemak yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.


Manfaat Buah Menteng untuk Kesehatan--Instagram.com/ nia_kania90

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama dari serangan jantung, stroke, dan juga penyakit ginjal kronis.

Nah, guna mencegah penyakit ini dan komplikasinya, maka sebaiknya penderita hipertensi harus memperhatikan pola makan yang tinggi serat dan juga protein, tetapi rendah lemak dan juga garam.

2. Mencegah kanker

Buah menteng juga mampu untuk mencegah kanker karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Antioksidan juga diketahui sangat mampu untuk menangkal dampak buruk dari radikal bebas yang tentunya dapat memicu terjadinya kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber