BANNER KPU
HONDA

Rumput Krokot, Tanaman Liar yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Rumput Krokot, Tanaman Liar yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Rumput Krokot Tanaman Liar Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh--Instagram/tanamanherbal.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Rumput krokot, tanaman ini sering dianggap sebagai tanaman pengganggu sehingga banyak tumbuh secara liar. Ternyata bermanfaat yang baik untuk kesehatan tubuh

Dokter Ferry Juliawan di channel youtubenya Dokter Fery TV memberi informasi kesehatan diantaranya tanaman yang memiliki daun berbentuk elips atau bulat  telur dengan ujung daun yang tumpul ini.  

Tepi daunnya rata, tanaman ini juga mempunyai kelopak-kelopak bunga yang berwarna hijau. Nama ilmiahnya portulaca oleracea lebih dikenal dengan nama krokot merupakan jenis tanaman liar.

Rupanya bermanfaat baik untuk kesehatan, tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional, bagian daunnya memiliki kandungan nutrisi.

BACA JUGA:Selain Untuk Bahan Pembuatan NPK Organik, Ini Manfaat Lain dari Daun Lamtoro

Diantaranya ada zat besi zinc vitamin A, vitamin B1 B2, B3, vitamin C, magnesium, fosfor, serat, seng, omega-3 dan lain-lain. Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut maka daun krokot memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat dari daun krokot untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah :

1. Kesehatan Jantung 

Tanaman tumbuhan rumput krokot ternyata dapat bermanfaat baik untuk kesehatan jantung, dimana organ tersebut adalah pusat dari sistem peredaran darah fungsi yang penting pemompa darah.

Jantung ini untuk memenuhi kebutuhan akan oksigen dan nutrisi ke seluruh organ tubuh.

BACA JUGA:Obati Luka Bakar dengan Daun Salam

Selain itu omega 3 dalam daun ini mempunyai fungsi dalam menurunkan kolesterol jahat atau LDL sehingga terbentuknya plak akan menurun yang menyebabkan aliran darah ke jantung akan  semakin baik sehingga plak tidak ke aliran darah.

Bagaimana caranya siapkan beberapa lembar daun krokot lalu dibersihkan, rendam daun krokot  dalam air hangat sampai layu. Setelah beberapa saat lalu tumbuk daun krokot sampai halus. 

Tambahkan air hangat secukupnya lalu diperas dan minum hasil perasan tersebut tiga kali sehari, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat untuk jantung.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: