HONDA

Terkuak, Ternyata Ini Alasan Buah Kesemek Selalu Diselimuti Serbuk Putih Seperti Bedak

Terkuak, Ternyata Ini Alasan Buah Kesemek Selalu Diselimuti Serbuk Putih Seperti Bedak

Terkuak, Ternyata Ini Alasan Buah Kesemek Selalu Diselimuti Serbuk Putih Seperti Bedak--Instagram/edihars

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tahukah anda kalau buah kesemek diselimuti tepung bewarna putih serupa bedak. Apa yang menyebabkan alasan buah yang berwarna hijau sedikit orange ini seperti itu bentuknya? ini penjelasannya.

Ternyata buah kesemek yang dinamakan dengan buah persimon atau dengan sebutan lainnya Diospyros Kaki memiliki varietas yang berbeda-beda satu dan lainnya.

Yang sangat unik, untuk varietas yang ada di Indonesia biasanya memiliki rasa yang sepat walaupun sudah masak atau matang di pohon. Berbeda dengan varietas yang ada di luar negeri seperti China atau daerah Tiongkok.

Buah kesemek ini tidak terlalu populer di Indonesia, padahal buah ini mengandung kalori dan mengandung vitamin C yang bagus untuk kekebalan daya tubuh yang dapat menangkal radikal bebas.

BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi Busuk pada Buah dan Batang pada Labu Siam

Namun, buah ini disebut juga dengan buah genit yang memiliki keunikan dengan bentuknya yang seperti berbedak sehingga nampak seperti tidak fresh padahal itu merupakan ciri khasnya.

Di Indonesia sendiri buah ini terlihat lebih genit, tidak licin seperti buah persimon yang ada di China maupun di daerah luar negeri, sehingga buah ini sangat enak dinikmati dengan rasa yang manis.

Ternyata tahukah anda bahwa buah kesemek di Indonesia ini terkenal dengan rasanya yang sepat, namun hal tersebut dapat diatasi dengan kapur. Maka itu yang membuat buah tersebut seakan berbedak.

Buah lokal asli dari Indonesia ini terkenal sekali rasanya yang kurang sedap, namun itulah yang membuatnya harus direndam selama 24 jam minimal untuk dilakukan perendaman bersama kapur.

BACA JUGA:Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Mata, Ini Manfaat Lain Buah Nangka beserta Makanan Olahannya

Kapur inilah yang menjadi penyebab buah kesemek itu menjadi seperti berbedak, itulah perbedaannya dengan buah kesemek yang ada di luar negeri khususnya daerah Asia lainnya.

Meskipun sudah matang di pohon jika tidak direndam dengan air kapur rasanya akan tetap sepat namun setelah dilakukan perendaman maka rasanya akan semakin manis bak madu.

Kalau diluar negeri buah kesemek ini lebih berwarna orange ketika matang, kalau di Indonesia warnanya hijau keorangean jika mulai matang, namun lagi-lagi harus dilakukan perendaman kapur.

Berbeda dengan buah kesemek berwarna orange di luar negeri tidak perlu dilakukan perendaman dengan kapur, dengan warnanya yang orange dan rasanya yang manis sekali memiliki kualitas yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: