BANNER KPU
HONDA

Penggemar Jengkol Wajib Tahu! Begini Cara Merebusnya yang Benar dan Resep Gulai Jengkol yang Enak

Penggemar Jengkol Wajib Tahu! Begini Cara Merebusnya yang Benar dan Resep Gulai Jengkol yang Enak

Penggemar Jengkol Wajib Tahu! Begini Cara Merebusnya yang Benar dan Resep Gulai Jengkol yang Enak--Instagram.com/ anggarina_anggi25

BACA JUGA:3 Resep Olahan Buah Salak yang Punya Banyak Manfaat, Bisa Dibuat Manisan hingga Puding

BACA JUGA:Berkreasi dengan 3 Resep Olahan Serba Tempe

- Haluskan semua bumbu halus kecuali daun jeruk. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk hingga harum.

- Masukkan potongan jengkol yang sudah direbus ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga jengkol tercampur baik dengan bumbu.

- Tuangkan air ke dalam wajan. Biarkan mendidih dan masak dengan api sedang hingga bumbu meresap dan kuah sedikit menyusut.

- Setelah kuah mengental sedikit, tuangkan santan kental ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan mendidih lagi. Biarkan santan meresap ke dalam jengkol dan bumbu.

- Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera, kemudian aduk rata dan biarkan mendidih sebentar lagi supaya bumbu dan santan benar-benar meresap dengan sempurna.

- Gulai jengkol siap disajikan hangat dengan nasi putih atau nasi kuning. Sajikan juga dengan lalapan segar dan sambal terasi jika diinginkan.

Gulai jengkol tersebut memiliki aroma rempah yang kaya dan rasa gurih dari santan yang melimpah.

Demikainlah tadi tips dan cara merebus jengkol yang benar supaya tidak bau dan menjadi empuk serta resep memasak gulai jengkol, semoga informasi tadi bermanfaat untuk Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: