BANNER KPU
HONDA

Perbedaan Madu Asli dan Palsu, Begini Cara Pengecekannya

Perbedaan Madu Asli dan Palsu, Begini Cara Pengecekannya

Perbedaan Madu Asli Dan Palsu Begini Cara Pengecekannya--Instagram/herbaltradisional8

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Madu merupakan salah satu pemanis alami yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Perbedaan madu asli dan palsu perlu diketahui, agar tidak tertipu oleh penjual madu atau oleh orang yang memproduksi madu untuk dijual.

Memang madu memiliki keistimewaan dari zaman dahulu sampai saat ini, namun jangan salah dalam memilihnya.

Apalagi terkadang penjual banyak yang curang, mencampur madu  dengan bahan lainnya untuk memperbanyak madu yang bisa dijual ke pembeli.

Bukan kesehatan yang kita dapatkan, malah penyakit lainnya yang disebabkan oleh pencampuran dengan zat-zatnya yang tidak baik untuk tubuh.

BACA JUGA:Penting PPPK Bengkulu Tahu, Segini Angsuran Pinjaman Rp10 Juta – Rp50 Juta Tenor 4 tahun

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengecek madu tersebut asli atau tidak.

Diantaranya Anda dapat mencampurkan 1 gelas air dengan 1 sendok madu.

Jika madu berada di bawah, maka dipastikan madu itu asli. Namun jika madu berada di atas, berarti madu itu sudah banyak campuran.

Madu asli akan membuat dia terendam oleh air, lantaran memiliki molekul yang lebih berat daripada air, sedangkan madu palsu biasanya lebih menggumpal.

Atau Anda juga dapat melakukan pengecekan dengan cara yang lain, diantaranya tuangkan madu ke dalam gelas yang berisi air, kemudian lihat reaksinya.

BACA JUGA:Pembukaan Formasi CASN oleh Pemkab Mukomuko untuk Lulusan SMA Tahun Ini

Jika madu asli, dia akan larut perlahan tanpa meninggalkan residu atau membuat air berubah warna menjadi seperti kuning keemasan seperti layaknya warna madu.

Jika madu yang palsu, saat masuk ke dalam gelas yang berisi air, cenderung cepat sekali larut dan mengubah warna air tersebut pasti akan tampak lebih berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: