HONDA

Buahnya Manis, Daunnya Lazim Digunakan Masyarakat Pedesaan Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya Muda

Buahnya Manis, Daunnya Lazim Digunakan Masyarakat Pedesaan Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya Muda

Manfaat daun harendong bulu tak banyak yang tahu, salah satunya menghilangkan rasa pahit daun pepaya muda.--Badri/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Harendong bulu atau Clidemia hirta adalah tanaman yang sering ditemukan di hutan maupun perkebunan masyarakat.
 
Bagi pencinta alam, perkebunan dan masyarakat pedesaan jelas tidak asing lagi dengan harendong bulu.
 
Dahulu masyarakat pedesaan sering menggunakan daun harendong sebagai campuran merebus daun pepaya muda untuk menghilangkan rasa pahitnya.
 
Namun saat ini sangat jarang sekali ditemukan warga yang merebus daun pepaya bercampur dengan daun harendong.
 
 
Caranya mudah, cukup mencampurkan daun harendong beberapa lembar dan rebus bersama daun pepaya muda dan rasa pahit pepaya tersebut akan berkurang.
 
Termasuk air rebus itu sering digunakan masyarakat secara turun temurun untuk mengobati penyakit kencing manis atau diabetes, dengan meminum air tebusan harendong dan daun pepaya muda.
 
Harendong bulu memiliki buah berukuran kecil dan mengelompok, buah yang sudah berwarna keunguan rasanya manis gurih.
 
Selain buahnya, harendong bulu juga memiliki manfaat lain. Daun harendong bulu dapat digunakan sebagai penutup luka bila Anda mengalami cedera saat tengah berkegiatan di lapangan.
 
 
Tinggal memetik beberapa lembar daun harendong bulu dan mencucinya dengan air bersih, daun kemudian Anda remas dan diletakan pada luka dan luka goresan akan terasa perih terkena saripati daun harendong.
 
Manfaat daun harendong ini berasal dari kandungan kimia alami di dalamnya, seperti saponin, flavonoid, dan juga tanin yang bisa menjadi obat penyembuhan alami.
 
Konsumsi daun harendong bisa mencegah keputihan yang menjadi masalah utama pada wanita.
 
Air rebusan daun harendong bisa mengatasi menstruasi berlebihan yang menyebabkan rasa nyaman.
 
 
 
Apabila mengalami nyeri otot, tubuh, serta haid, Anda bisa mengonsumsi rebusan daun harendong secara rutin 1 gelas setiap harinya. 
 
Daun harendong bisa membersihkan saluran kemih dari kuman dan bakteri sehingga menjadi lebih sehat dengan cara yang sama yakni merebus 7 lembar daun harendong 2 gelas air direbus dijadikan 1 gelas minum ketika hangat 
 
Anti inflamasi membuat manfaat daun harendong bagus untuk mengobati peradangan 
 
Daun harendong mengandung zat penghambat kuman yang bisa membunuh kuman penyebab diare.
 
Lambung yang mengalami masalah akan sulit mencerna makanan. Konsumsi harendong secara teratur bisa memperlancar pencernaan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: