HONDA

Manfaat Penggunaan Karton Telur untuk Pembibitan Tanaman dan Tips Menanam Bibit pada Karton Telur

Manfaat Penggunaan Karton Telur untuk Pembibitan Tanaman dan Tips Menanam Bibit pada Karton Telur

Manfaat Penggunaan Karton Telur untuk Pembibitan Tanaman dan Tips Menanam Bibit pada Karton Telur--Instagram.com/ hesti_hayahakim

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Menanam bibit di karton telur adalah cara yang tepat untuk memulai perjalanan berkebun Anda sekaligus dapat memberi dampak yang positif untuk lingkungan.

Bagian terbaiknya adalah tidak memerlukan peralatan yang mewah, hanya cukup dengan beberapa karton bekas telur bersih.

Pilihan yang satu ini terbilang ramah lingkungan dan dapat mengurangi sampah dengan menggunakan bahan yang bila tidak akan berakhir di tempat pembuangan sampah.

Selain itu, pilihan yang satu ini dapat menghilangkan kebutuhan yaitu untuk membeli wadah dan plastik yang dapat menambah masalah polusi, kelebihan lainnya adalah karton telur juga dapat terurai secara alami.

Berarti karton telur tersebut dapat dikubur dengan aman di dalam tanah setelah bibit usai dipindahkan. Jadi, Anda tidak hanya dapat melakukan bagian Anda untuk lingkungan, namun juga dapat menghemat uang dan juga waktu.

BACA JUGA:Beli Mobil Melalui SEVA di GIIAS 2024, Konsumen Berkesempatan Dapat Emas dan Motor!

BACA JUGA:Segudang Manfaat Mengonsumsi Telur Ayam dan Tips Memilih Telur Ayam yang Berkualitas

Kali ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat menggunakan bekas wadah karton telur untuk pembibitan tanaman dan tips menanam bibit di karton telur yang benar.

Manfaat Menggunakan Bekas Wadah Karton Telur untuk Bibit Tanaman

1. Biodegradable

Karton telur terbuat dari bahan yang mudah terurai secara alami, sehingga dapat dijadikan sebagai pot tanam sementara yang ramah lingkungan.

2. Perlindungan dan Penyediaan Nutrisi

Karton telur memberikan perlindungan tambahan pada bibit dan dapat memberikan nutrisi tambahan saat terurai di dalam tanah.

3. Kemudahan Penanaman

Karton telur memiliki kompartemen terpisah yang memudahkan untuk menanam beberapa bibit sekaligus dan kemudian dapat dipindahkan ke tanah tanpa perlu melepaskan bibit dari pot.

4. Hemat Biaya

Menggunakan karton telur sebagai pot tanam merupakan alternatif yang murah, karena dapat dimanfaatkan dari bahan bekas yang umumnya tersedia dengan mudah.

BACA JUGA:Resep Pie Buah Segar Kualitas Restoran Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Jadi Ide Jualan

BACA JUGA:Dorong Percepatan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, Tim Korsup KPK RI Gelar Audisi Bersama Pemprov Bengkulu

5. Mengurangi Limbah

Dengan menggunakan bekas karton telur untuk menanam bibit, kita membantu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir.

Tips Menanam Bibit di Karpet Karton Telur yang Benar

1. Siapkan Bahan dan Alat

- Karpet karton telur yang sudah bersih dari sisa-sisa telur.

- Tanah subur atau campuran tanah dan kompos.

- Bibit yang sudah siap tanam.

- Air untuk penyiraman.

2. Potong Karpet Karton Telur

- Potong karpet karton telur menjadi potongan-potongan sesuai dengan jumlah bibit yang ingin ditanam. Setiap bagian yang berlubang menjadi tempat yang baik untuk tanam bibit.

3. Isi dengan Tanah

- Isi setiap bagian karpet karton telur dengan tanah yang sudah disiapkan. Pastikan tanah cukup longgar dan subur untuk mendukung pertumbuhan bibit.

4. Tanam Bibit

- Tanam satu bibit ke dalam setiap bagian karpet karton telur yang sudah diisi dengan tanah. Pastikan bibit terbenam dengan cukup dalam agar akar dapat menjangkau tanah dengan baik.

BACA JUGA:Data Carro Menunjukkan Mobil Bekas Diminati Generasi Milenial

BACA JUGA:Data Carro Menunjukkan Mobil Bekas Diminati Generasi Milenial

5. Penyiraman

- Setelah menanam bibit, siram tanah dengan air secukupnya untuk memastikan tanah tetap lembab. Jangan terlalu banyak agar tanah tidak menjadi terlalu basah.

6. Perawatan

- Letakkan karpet karton telur yang sudah ditanami bibit di tempat yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

- Perhatikan kelembaban tanah secara teratur dan lakukan penyiraman secara berkala sesuai kebutuhan.

7. Transplantasi ke Tanah

- Setelah bibit tumbuh dan memiliki akar yang cukup kuat, Anda bisa mentransplantasikannya ke tanah di kebun atau pot yang lebih besar, termasuk karpet karton telur jika diinginkan.

Dengan Anda mengikuti langkah-langkah di atas, tentu Anda juga dapat menanam bibit dengan baik menggunakan karpet karton telur sebagai pot tanam sementara, pastikan untuk memperhatikan perawatan bibit secara teratur untuk hasil yang lebih optimal.

BACA JUGA:Resep Chicken Teriyaki Ala Chef Devina Hermawan, Bakal Bekal Anak Sekolah Besok, Dijamin Lahap!

BACA JUGA:Undang Jurnalis, Astra Motor Bengkulu Gelar EV Experience

Serta dengan memanfaatkan bekas wadah karton telur tersebut Anda juga dapat mendukung prinsip keberlanjutan dan menghemat biaya dalam kegiatan berkebun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: