HONDA

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Langkah-langkah Mengolahnya Jadi Pupuk Organik

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Langkah-langkah Mengolahnya Jadi Pupuk Organik

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Langkah-langkah Mengolahnya Jadi Pupuk Organik--Instagram.com/ kebonwinih_tuwuh

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sebagian orang sering menganggap cangkang telur sebagai sampah rumah tangga ataupun limbah dapur, sehingga langsung saja dibuang setelah telur usai diolah.

Namun sebenarnya cangkang telur memiliki berbagai macam manfaat dan tentunya dapat diolah untuk meningkatkan nilai jual dan juga nilai manfaat dari hasil limbah dapur yang satu ini.

Cangkang telur tentu saja bisa dimanfaatkan untuk sejumlah hal, salah satunya berkebun atau tanaman. Cangkang telur kaya akan kalsium, kalium, dan juga magnesium nutrisi yang sangat penting untuk tanaman.

Kalsium tentu dapat membantu memperkuat batang dan juga akar tanaman, kalium akan membantu tanaman berfotosintesis, serta dengan magnesium dapat membantu tanaman untuk menyerap nutrisi. 

BACA JUGA:Sampah Dapur Menumpuk? Begini Cara Mengolahnya Jadi Pupuk Kompos yang Bermanfaat untuk Tanaman

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Kulit Bawang Bisa Diolah Jadi Pupuk Nabati, Begini Caranya

Selain itu, cangkang telur juga memiliki sifat-sifat anti jamur dan juga antibakteri yang tentu dapat membantu melindungi tanaman dari berbagai macam penyakit.

Cangkang telur juga dapat berfungsi sebagai pestisida organik demi untuk mengendalikan hama dan juga penyakit pada tanaman.

Cangkang telur ayam adalah lapisan yang cukup keras dan melindungi bagian isi dalam telur dari kerusakan dan juga kontaminasi, cangkang telur ini terbuat dari kalsium karbonat dan juga memiliki pori-pori mikroskopis yang memungkinkan pertukaran udara yang sangat penting untuk pertumbuhan embrio di dalam telur tersebut.

Nah, kali ini Rakyatbengkulu.com akan menjelaskan tentang manfaat dari cangkang telur dan langkah-langkah mengolah cangkang telur menjadi pupuk organik untuk tanaman.

Manfaat cangkang telur ayam untuk tanaman

- Pupuk Organik

Cangkang telur mengandung kalsium karbonat dan mineral lainnya yang dapat membantu meningkatkan kualitas tanah sebagai pupuk organik. Ketika cangkang telur terurai di tanah, mereka melepaskan nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman.

BACA JUGA:Tanaman Ingin Berbuah Lebat? Beri Pupuk Organik, Begini Cara Buatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: