HONDA

Petani Wajib Tahu, Begini Cara Memangkas dan Manfaat Membuang Buah Pertama Kelapa Sawit

Petani Wajib Tahu, Begini Cara Memangkas dan Manfaat Membuang Buah Pertama Kelapa Sawit

Petani Wajib Tahu, Begini Cara Memangkas dan Manfaat Membuang Buah Pertama Kelapa Sawit--Dok.rayatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Kelapa sawit yang baru ditanam hingga berumur sekitar 24 bulan penting untuk dilakukan pembuang buah pertama pada kelapa sawit untuk memaksimalkan pertumbuhan buah kelapa sawit kedepannya dan jangka panjang.

Pembuangan buah pertama kelapa sawit merupakan kegiatan menghilangkan semua produk reproduksi, seperti bunga jantan, bunga betina, dan semua buah pada tanaman kelapa sawit muda.

Tindakan ini dilakukan berguna untuk mendukung pertumbuhan vegetatif kelapa sawit kedepannya. Pada fase vegetatif, biasanya akan muncul bunga yang tentunya dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman kelapa sawit muda.

Sehingga sangat perlu dilakukan pembuangan dengan cara menghilangkan bunga muda yang muncul setiap bulannya.

BACA JUGA:Usai Disindir Tak Bisa Rayakan Ultah Moana, Ria Ricis Ungkap Sifat Asli Mantan Suami saat Berumah Tangga

BACA JUGA:Menyamarkan Pori-pori, Ini Beberapa Manfaat dan Cara Menggunakan Masker Beras dengan Benar

Nah, kali ini Rakyatbengkulu.com telah marangkum dari berbagai sumber tentang cara memangkas dan menfaat dari membuang buah pertama kelapa sawit.

Cara Memangkas Buah Pertama Kelapa Sawit

- Waktu Pemangkasan

Lakukan pemangkasan saat buah sawit mencapai ukuran yang cukup besar namun belum sepenuhnya matang, biasanya sekitar 6-8 bulan setelah bunga. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari untuk mengurangi risiko kerusakan tanaman.

- Identifikasi Buah yang Akan Dipangkas

Pilih buah yang terlalu muda atau terlalu kecil. Buah yang terlalu banyak akan mengurangi kualitas dan kuantitas produksi di masa mendatang.

- Peralatan yang Tepat

Gunakan alat pemangkas yang tajam dan bersih, seperti gunting pangkas atau sabit, untuk menghindari kerusakan pada pohon dan buah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: