HONDA

10 Gejala dan Tanda-tanda Gangguan Fungsi Hati yang Perlu Anda Waspadai

   10 Gejala dan Tanda-tanda Gangguan Fungsi Hati yang Perlu Anda Waspadai

10 Gejala dan Tanda-tanda Gangguan Fungsi Hati yang Perlu Anda Waspadai--Instagram.com/ madumanukanz

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sering kali terkait dengan gangguan metabolisme atau penurunan nafsu makan seperti kanker hati, hepatitis kronis, atau sirosis.

Cara Mencegah Masalah Hati

- Makan Makanan Sehat

Diet seimbang membantu menjaga kesehatan hati, konsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Kurangi makanan yang berlemak, gorengan dan olahan, pilih makanan yang kaya serat dan hindari konsumsi gula berlebih.

- Hindari Konsumsi Alkohol Berlebihan

Alkohol berlebih dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan kondisi seperti hepatitis alkoholik dan sirosis, dan batasi konsumsi alkohol atau hindari sepenuhnya.

BACA JUGA:4 Manfaat Menari Bagi Kesehatan, Termasuk Ampuh Hilangkan Stres

- Jaga Berat Badan Ideal

Obesitas meningkatkan risiko penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD). Jaga berat badan dengan diet sehat dan olahraga teratur, lakukan aktivitas fisik secara rutin seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda.

- Berhenti Merokok

Merokok dapat memperburuk kesehatan hati dan meningkatkan risiko komplikasi, cobalah teknik berhenti merokok seperti terapi penggantian nikotin atau konseling.

- Vaksinasi

Vaksinasi dapat melindungi Anda dari hepatitis A dan B, dua infeksi virus yang dapat merusak hati. Diskusikan dengan dokter mengenai vaksinasi yang sesuai untuk Anda.

- Gunakan Obat dengan Bijak

Penggunaan obat-obatan secara berlebihan atau tidak sesuai petunjuk tentu saja dapat merusak hati, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat baru dan jangan mengonsumsi suplemen atau obat herbal tanpa rekomendasi medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: