HONDA

7 Langkah Mudah Budidaya Jamur Tiram untuk Pemula

7 Langkah Mudah Budidaya Jamur Tiram untuk Pemula

7 Langkah Mudah Budidaya Jamur Tiram untuk Pemula--Instagram.com/ upoetz.puput

Tempatkan media dalam kantong plastik atau wadah lainnya dan pastikan wadah memiliki ventilasi yang memadai agar mycelium bisa tumbuh dengan baik.

Kemudian letakkan wadah di tempat dengan suhu sekitar 24-28°C dan kelembapan tinggi selama fase kolonisasi (pertumbuhan mycelium).

5. Pemeliharaan

Kontrol Suhu dan Kelembapan

Setelah mycelium menyebar dan mengisi media (biasanya memakan waktu 2-4 minggu), turunkan suhu sekitar 18-24°C untuk fase pembentukan jamur.

Jangan lupa pertahankan kelembapan lingkungan dengan menyiram media atau menggunakan alat pengatur kelembapan, jamur tiram memerlukan kelembapan yang tinggi untuk pertumbuhan optimal.

Ventilasi

Pastikan ada sirkulasi udara yang baik untuk mencegah pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan dan memastikan pertumbuhan jamur tiram yang sehat.

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

BACA JUGA:9 Cara Panduan Lengkap Budidaya Ikan Nila untuk Pemula

6. Pemangkasan dan Panen

Pemangkasan

Buang bagian-bagian media yang tidak produktif atau sudah terlalu tua untuk menghindari pembusukan dan kontaminasi.

Panen

Panen jamur tiram ketika tutup jamur mulai membuka dan masih dalam kondisi segar. Umumnya, jamur panen dilakukan setiap 3-4 hari, kemudian potong jamur dengan hati-hati pada pangkal batangnya menggunakan pisau bersih untuk mencegah kerusakan pada media dan pertumbuhan jamur berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: