HONDA

7 Cara Budidaya Bawang Merah yang Benar untuk Pemula, Dimulai dari Persiapan Tanah

7 Cara Budidaya Bawang Merah yang Benar untuk Pemula, Dimulai dari Persiapan Tanah

7 Cara Budidaya Bawang Merah yang Benar untuk Pemula, Dimulai dari Persiapan Tanah--Instagram.com/ agrotama.tunas,sarana

Bawang merah tentunya memerlukan penyiraman yang cukup, terutama saat cuaca kering, tetapi harus dihindari agar tanah tidak tergenang air.

BACA JUGA:Manfaat Sekam Bakar untuk Budidaya Sayuran di Tengah Kenaikan Harga Pupuk Kimia

BACA JUGA:Panduan Praktis Budidaya Belimbing Wuluh di Pekarangan Rumah

Pupuk organik dan pupuk NPK bisa digunakan untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup, pemupukan biasanya dilakukan beberapa kali selama masa pertumbuhan.

Serta menghilangkan gulma yang bersaing dengan bawang merah untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama seperti ulat bawang atau kutu daun dapat merusak tanaman, pengendalian bisa dilakukan dengan pestisida atau cara alami seperti pengendalian biologis.

Serta penyakit seperti busuk akar atau jamur dapat menyerang bawang merah. Penggunaan benih sehat dan praktik kebersihan yang baik dapat membantu mencegah masalah ini.

BACA JUGA:Tips Budidaya Labu Siam di Musim Kemarau: Solusi Bagi Petani dengan Perawatan Optimal

BACA JUGA:8 Cara Budidaya Nangka Madu agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

6. Pemanenan

Bawang merah yang sudah siap dipanen ketika daun tanaman mulai menguning dan mengering. Biasanya, bawang merah siap panen dalam waktu 70-90 hari setelah penanaman.

Cara untuk menamanen bawang dengan mencabut umbi dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan, setelah dicabut, bersihkan dari tanah dan biarkan kering.

7. Pascapanen

Pengeringan: Umbi bawang merah harus dikeringkan di tempat yang teduh dan memiliki ventilasi baik untuk mencegah pembusukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: