HONDA

8 Cara Perawatan Taman Melon Hijau yang Benar, Tanaman Sehat dan Produktif

8 Cara Perawatan Taman Melon Hijau yang Benar, Tanaman Sehat dan Produktif

Tanaman sehat dan produktif dengan 8 cara perawatan taman melon hijau yang benar.--Instagram.com/ triberkatagro

RAKYATBENGKULU.COM - Perawatan melon hijau adalah rangkaian tindakan yang dilakukan untuk memastikan tanaman tetap sehat dan produktif.

Perawatan melon hijau ini yang mencakup penyiraman yang cukup, pemberian pupuk sesuai kebutuhan, pengendalian hama dan penyakit, serta penjarangan tanaman agar tidak terlalu rapat.

Selain itu, mengendalikan gulma dan memberikan dukungan pada tanaman jika diperlukan juga merupakan bagian penting dari perawatan.

Semua langkah ini yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen dari budidaya melon hijau.

BACA JUGA:8 Cara untuk Budidaya Ayam Petelur yang Benar

BACA JUGA:8 Langkah Cara Persiapan Lahan untuk Budidaya Jeruk Manis

Berikut adalah 8 cara perawatan tanaman melon hijau yang benar telah rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber di antaranya:

1. Penyiraman

Jaga kelembaban tanah secara konsisten, terutama pada minggu-minggu awal setelah penanaman, penyiraman sebaiknya dilakukan 2-3 kali seminggu, tergantung kondisi cuaca.

Gunakan sistem irigasi tetes atau sprinkler untuk memastikan air merata dan menghindari genangan yang dapat merusak akar.

2. Pemupukan

Lakukan pemupukan dengan pupuk organik dan NPK saat pengolahan tanah sebelum penanaman, berikan pupuk susulan setiap 2-4 minggu setelah penanaman, gunakan pupuk NPK sesuai dosis yang dianjurkan, dan pertimbangkan juga pupuk cair untuk mendukung pertumbuhan.

3. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pantau tanaman secara rutin untuk mendeteksi gejala hama seperti kutu daun, ulat, atau lalat buah, dan penyakit seperti jamur atau busuk akar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber