HONDA

Kisah Sukses UMKM 'Bali Nature' yang Go Internasional Setelah Mendapat Sentuhan Pemberdayaan BRI

Kisah Sukses UMKM 'Bali Nature' yang Go Internasional Setelah Mendapat Sentuhan Pemberdayaan BRI

Setelah mendapat sentuhan pemberdayaan BRI kini UMKM 'Bali Nature' sudah go internasional.--dokumen/rakyatbengkulu.com

JAKARTA, RAKYATBENGKULU.COM - Bali Nature, brand perawatan tubuh berbahan alami asal Bali, terus mengembangkan usahanya hingga ke pasar internasional.

Berawal dari produksi skala kecil dengan metode tradisional, kini Bali Nature telah mengekspor produknya ke Dubai, Hong Kong, hingga Australia.

Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan pemberdayaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) yang membantu Bali Nature dalam meningkatkan kapasitas produksi serta memperluas jangkauan pasar.

Pendiri Bali Nature Ni Putu Ayu Karina Dewi menuturkan bahwa alasan dia merintis bisnis ini lantaran kecintaannya terhadap alam Bali serta tingginya permintaan wisatawan akan produk perawatan tubuh berbahan alami khas Pulau Dewata.

BACA JUGA:Super App BRImo Digunakan Oleh 40 Juta User dan Catat Transaksi Rp1.599 Triliun Dalam 3 Bulan

BACA JUGA:Serius Pangan Nusantara, UMKM Kopi yang Bertumbuh hingga Go Global Berkat Pemberdayaan BRI

“Kami melihat banyak wisatawan mencari produk perawatan tubuh berbahan alami khas Bali. Dari sana, kami mulai dengan dua produk utama, yaitu minyak pijat (massage oil) dan garam mandi (bath salt),” ujar Karina.

Dengan omzet yang kini mencapai ratusan juta per bulan dan produknya telah tersebar di berbagai sentra oleh-oleh serta supermarket di Bali, Karina menyebut perjalanan usaha Bali Nature tidaklah mudah.

Pada tahun 2022, usaha lokal asal Bali ini berhasil mengekspor 300 unit produk body butter ke Dubai serta mengirimkan produknya dalam jumlah kecil ke Hong Kong dan Australia.

Regulasi yang ketat di setiap negara hingga faktor logistik nyatanya menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam menjaga kualitas produk selama pengiriman.

BACA JUGA:BRI Dorong UMKM Minuman Herbal Kian Percaya Diri Garap Pasar Luar Negeri

BACA JUGA:Dorong Ekonomi Kerakyatan, BRI Salurkan KUR Senilai Rp42,23 Triliun Hingga Akhir Maret 2025

“Saat pertama kali ekspor ke Dubai, kami baru tahu bahwa ada banyak sertifikasi yang harus dipenuhi. Prosesnya panjang karena kami harus mencari tahu sendiri dokumen apa saja yang dibutuhkan,” jelasnya.

Menurut Karina, keberhasilan Bali Nature tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, terutama peran perbankan dalam membantu bisnisnya berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: