Perempuan di Kota Bengkulu Lebih Rentan Terpapar Covid-19

Kamis 01-07-2021,14:12 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU – Kasus positif Covid-19 di Kota Bengkulu didominasi kaum perempuan. Dilansir dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, proporsi konfirmasi positif kasus Covid-19 dari bulan Maret 2020 hingga 30 Juni 2021 lebih dominan perempuan yang terpapar Covid-19.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu Nelli Hartati, menerangkan perempuan lebih rentan terpapar Covid-19. Itu dikarenakan imun tubuh perempuan tidak sama dengan laki-laki. Menurutnya, daya tahan perempuan cenderung lebih lemah dibandingkan laki-laki.

“Kalau laki-laki itu kan daya tahan tubuhnya bisa dipastikan lebih kuat dibandingkan perempuan. Itu data yang tercatat di dinkes, perempuan yang lebih banyak terpapar Covid-19," kata Nelli.

Untuk diketahui dari sejak pandemi ini muncul sampai saat ini sudah ada 2.461 perempuan warga Kota Bengkulu yang terpapar Covid-19 atau jika dipersentasekan sebanyak 52% dari jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Bengkulu. Sedangkan laki-laki sebanyak 2.255 atau 48%.

“Perempuan memang tugasnya lebih berat, baju anak di cuci, baju suami di cuci, siapa tahu virus itu menempel di baju anak atau suaminya. Kemudian pergi ke pasar itu juga kebanyakan perempuan,” beber Nelli.

Untuk itu Nelli mengingatkan kepada masyarakat Kota Bengkulu khususnya kaum perempuan yang memiliki lebih banyak aktivitas di luar rumah, agar tidak lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Supaya dapat terhindar dari paparan Covid-19.

"Untuk itu, kita minta kepada perempuan lebih berhati-hati. Ketika mengerjakan pekerjaan rumah ataupun pekerjaan di kantor. Sering-sering mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak," tutup Nelli. (cw1)

Tags :
Kategori :

Terkait