Peluang Investasi Mall Ampera di Bengkulu Selatan

Kamis 02-12-2021,11:30 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Secara geografis Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki posisi strategis yang menghubungkan jalur perekonomian dari Provinsi Lampung, Provinsi Sumatera Selatan dan Kota Bengkulu.

Kondisi tersebut memiliki keuntungan tersendiri, yang berpotensi untuk dikembangkan dalam mendukung penguatan perekonomian daerah.

Hal ini ditunjukkan dengan mulai menggeliatnya aktivitas perekonomian sektor perdagangan dan jasa. Dari kondisi di atas, pembangunan pusat perbelanjaan modern dapat menjadi peluang investasi.

Keberadaannya memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan kota, peningkatan PAD dan menambah sarana hiburan bagi masyarakat.

Dalam rangka mendukung terbentuknya percepatan pelaksanaan proyek strategis daerah dan terbentuknya percepatan perkembangan perekonomian di era otonomi daerah dan era persaingan bebas, kelengkapan sarana dan prasarana di berbagai bidang merupakan syarat penting yang harus ada.

Penyediaan sarana perdagangan dimaksud adalah penyediaan kelengkapan sarana perdagangan, berupa pembangunan pasar yang semula tradisional menjadi pasar modern (Mall) yang berlokasi di pasar (pekan) ampera.

Pekan pasar Ampera terletak di keluharan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dari paparan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bengkulu dalam sosialisasi Investasi Pemerintah pada 30 November – 1 Desember 2021 diketahui, pembangunan Mall tersebut direncanakan dengan merevitalisasi pasar yang ada sekarang yang memiliki luas area mencapai 18.066 meter persegi.

Revitalisasi pasar ini memberikan manfaat yang besar. Pertama menjadikan kecamatan pasar Manna sebagai Kawasan perdagangan bersih, tertib dan nyaman.

Kedua meningkatkan PAD dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bengkulu Selatan di masa mendatang.

Jumlah penduduk pemanfaat pasar berasal dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu selatan dengan jumlah penduduk sebanyak 151.103 orang.

Estimasi perputaran ekonomi di pasar Ampera sebesar Rp 5 milyar per bulan. Pasar ini juga menjadi bagian dari perekonomian tiga kabupaten yang ada di sampingnya yaitu Kabupaten Seluma.

Kabupaten Kaur dan Kabupaten tetangga provinsi lain yaitu Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Tiga kabupaten tersebut ditempuh dalam waktu 1-2 jam sehingga sangat memungkinkan bila Mall ini terbentuk sangat mungkin dikunjungi oleh masyarakat dari 3 kabupaten tersebut. (gik/prw)

sumber data: Kanwil Perbendaharaan Provinsi Bengkulu
Tags :
Kategori :

Terkait