BENGKULU, RAKYAT BENGKULU.COM - Piringan cakram mobil Anda berkarat? Itu hal yang biasa terjadi dan bahkan hampir merata piringan cakram mobil pasti ada karatnya. Baik mobil yang rutin dibawa jalan maupun yang lebih banyak diparkir di garasi.
BACA JUGA:Kampas Rem Mobil Makan Sebelah, Ini Penyebab dan Cara Menghindarinya
Walaupun dianggap banyak orang tidak membahayakan fungsi pengeremen, karat pada piringan cakram tetap harus dibersihkan secara berkala.
BACA JUGA:4 Penyebab Setir Mobil Narik ke Kanan atau Kiri saat Pijak Rem
Intinya karat pada piringan cakram jangan dibiarkan terlalu menumpuk. Bagaimanapun, karat yang berlebihan akan menyebabkan korosi yang ujung-ujungnya bisa merusak kualitas kekuatan baja pada piringan cakram.
Karat yang terlalu menumpuk, terlebih pada bagian permukaan piringan cakram akan mengurangi kualitas pengereman. Apa saja dampak yang dirasakan apabila piringan cakram mobil terlalu banyak karatnya?
BACA JUGA:Pinjaman KUR BRI! Cukup dari Ponsel: Caranya Sangat Mudah dan Bisa Langsung Cair
1. Rem Bunyi Berisik
BACA JUGA:Punya Kredit Motor, Ingin Ajukan Pinjaman KUR Bank BRI, Ini Syaratnya
Dampak yang paling mungkin terjadi adalah suara berisik. Ketika pedal rem diinjak akan terdengar bunyi berisik yang disebabkan gesekan kampas pada piringan cakram. Bunyi berisik itu muncul akibat karat yang terus terkikis dan menempel pada kampas.
BACA JUGA:Ajukan Pinjaman KUR BRI Segera Sebelum Penutupan! Ini Simulasi Pinjaman Rp200 Juta
2. Kampas Rem Membatu
BACA JUGA:KUR Mandiri 2023, Plafon Rp 150 Juta Bisa untuk Modal Usaha, Syarat dan Ketentuan di Sini
Debu karat yang terlalu banyak akan menempel pada kampas rem dan bisa menyebabkan kampas rem mengeras atau membatu. Jika sudah membatu, tentu akan mengurangi kualitas pengereman. Kampas tidak bisa mencengkeram piringan cakram dengan sempurna sehingga rem tidak pakem.