Masih Soal Kopi ! Masuk Pertama Kali ke Belanda dari Arab, Barang Berharga dan Mahal

Minggu 24-12-2023,12:06 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Marsal Abadi

BACA JUGA:Ini Asal Usul Kopi ! Minuman Orang Islam Kedai Kopi Pertama di Dunia Ada di Mekah

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa ada banyak cara menikmati sajian kopi. Umumnya kopi dijadikan minuman tapi yang membuatnya dari daun kopi. Ada yang juga menjadikan biji kopi sebagai makanan.

Di negeri paling awal kedai kopi berdiri, yaitu Mekah Arab Saudi, kopi dijadikan sajian sebagai minuman.  Biji kopi disangrai, lalu dihaluskan. Setelah menjadi bubuk diaduk dengan air panas. Siap disantap.

Berbeda dengan di pedalaman Kenya. Menurut peneliti Belanda Dr CJJ van Hall dalam Tropisch Nederland seri kedua bagian keenam dengan judul ‘’Koffie-cultuur in Nederlandsch-lndie.’’

‘’Als men in Kenya per spoortrein of per auto het binnenland ingaat naar het Victoria Meer, dan ziet men inde negerdorpen op de markt en ook aan de stations voor een luttel bedrag bakjes met gedroogde koffiebessen verkoopen; de negerarbeiders nemen die mee naar het werk en onder het werk knabbelen zij nu en dan ter opwekking een droog besje op.

Kata van Hall, '’ Jika pergi ke pedalaman Kenya dengan kereta api atau mobil ke Danau Victoria, di desa-desa, di pasar dan juga di stasiun-stasiun ada yang menjual buah kopi kering dalam nampan-nampan. Harganya murah. Para pekerja kulit hitam biasanya membeli itu ketika akan berangkat kerja. Di saat bekerja mereka sesekali memakan biji kopi tersebut.’’

BACA JUGA:Coklat Panas, Bisa Gantikan Kopi di Pagi Hari, Bisa Juga Smooties atau Teh Hitam

Ternyata memakan biji kopi dapat menyebabkan penyerapan kafein menjadi lebih cepat dan nutrisinya lebih terkonsentrasi daripada minuman kopi.

Berbeda dengan orang-orang di pantai barat Sumatera pada zaman penjajahan Belanda. Menurut van Hall, mereka menikmati kopi seperti teh. Daun kopi dipetik lalu direbus. Aromanya sama seperti menikmati kopi dari biji kopi yang dihaluskan. Masyarakat menyebut minuman ini ‘’koppie daoen’’ atau “kopi daun”.

Lain lagi cara menikmati kopi di Yaman, pada awal-awal penemuan kopi.  Catatan Abdul al-Kadir menjelaskan bahwa Syekh Omar ketika menemukan kopi liar dekat pelabuhan Mocha Yaman meminum kopi dengan cara merebus buahnya. (**)

 

 

Kategori :