Kenali Bahaya Makan Seafood, Pastikan Masakan Matang Sempurna, Agar Terhindar dari Keracunan Makanan

Kamis 11-01-2024,16:14 WIB
Reporter : Amaludin Hakim
Editor : Ana Mariyohana

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Makanan laut sudah menjadi konsumsi masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala. Baik bentuk satuan ikan atau udang, kerang dan lainnya. 

Tetapi akhir-akhir ini banyak olahan seafood yang menyatukan beberapa jenis hewan laut dalam satu menu dalam bentuk seafood tumpah.

BACA JUGA:Buah Buni Bisa Mencegah Keriput, Turunkan Tekanan Darah, Cegah Serangan Jantung

Sehingga menyatulah udang, kepiting, kerang dan teman-temannya yang diolah dengan beberapa jenis bumbu dan jagung manis.

Makan dengan semangat boleh, tapi jangan lupa ada bahaya yang menunggu kamu bila kebanyakan makan olahan seafood. Salah satu yang paling sering menjadi keluhan adalah naiknya kadar kolesterol, tensi darah dan lainnya.  

BACA JUGA:Geger! Pelajar SMA Gantung Diri di Kamar Mandi

Selain itu, masih ada bahaya lain yang membayangi bila kamu kebablasan makan olahan seafood. Apa itu? Yuk simak penjelasannya.  

 

Kontaminasi Bakteri atau Virus

Seafood bisa saja terkontaminasi bakteri seperti salmonella atau virus norovirus. Pengolahan atau memasak seafood yang kurang tepat dapat meningkatkan risiko terinfeksi bakteri atau virus. 

BACA JUGA:Sudah 4 Pelaku Penikaman yang Tewaskan Pemuda Rejang Lebong Diamankan Polisi, 2 Masih Buron

Pastikan olahan seafood yang kamu makan matang sempurna. Terutama memasak kepiting agar dapat membunuh bakteri, virus dan parasit yang menempel. 

 

Keracunan Makanan (Food Poisoning)

Seafood yang tidak segar atau tidak dimasak dengan baik dapat menyebabkan keracunan makanan. Gejala keracunan makanan meliputi mual, muntah, diare dan sakit perut.

Kategori :