Penyakit Kulit Tidak Kunjung Sembuh, Boleh Coba dengan Mandi Air Belerang di Sini

Selasa 28-05-2024,20:39 WIB
Reporter : Badri
Editor : M. Abadi

BENGKULU,  RAKYATBENGKULU.COM -  Penyakit kulit tidak kunjung sembuh, boleh coba dengan mandi air belerang. 

Upaya ini bisa dicoba ketika mendapati penyakit kulit menahun yang tidak kunjung sembuh sekalipun sudah diobati. Mandi air belerang atau air panas alami wajib Anda coba. Upaya ini cukup beralasan, karena air belerang mengandung antiseptik dan antiradang, sehingga bisa digunakan dalam membantu penyembuhan kondisi penyakit kulit menahun. 
BACA JUGA:Pengembangan Objek Wisata Bukit Basah, Siap Menjadi Destinasi Wisata Terdepan di Rejang Lebong
BACA JUGA:Mengenal Destinasi Wisata IV Suku Menanti Rejang Lebong, Peringkat 1 Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu
Secara turun temurun, masyarakat di Rejang Lebong Provinsi Bengkulu mempercayai bahwa dengan mandi air belerang dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti kadas dan kurap.
Apalagi air belerang yang mengalir secara alami seperti di Desa Sumber Urib Kecamatan Selupu Rejang, air panas Grojogan Sewu. Meskipun belum ada penelitian mendetil soal mandi Air Belerang mampu menyembuhkan penyakitnya kulit, namun kebiasaan masyarakat mempercayai hal tersebut sudah ada sejak dahulu. Selain objek wisata Suban Air Panas yang sudah lama terkenal dan menjadi icon wisata di Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Rejang Lebong juga memiliki potensi wisata pemandian air panas lainnya yaitu Grojogan Sewu. 
 
BACA JUGA:Pengembangan Objek Wisata Bukit Basah, Siap Menjadi Destinasi Wisata Terdepan di Rejang Lebong
BACA JUGA:Mulai dari Kesehatan dan Kecantikan, Ini 9 Manfaat Daun Pandan untuk Wanita
Objek wisata Grojogan Sewu Curup ini berada di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang yaitu tepat berada di kaki Bukit Kaba atau sekitar 20 KM dari pusat Kota Curup ibu kota Kabupaten Rejang Lebong.
Ataupun 4 KM dari jalan lintas Curup Lubuklinggau dan 110 KM dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.
Untuk menuju wisata Grojogan Sewu Curup, wisatawan cukup mengikuti jalan menuju pintu masuk pendakian Bukit Kaba, sekitar 1 KM sebelum pos pendakian Bukit Kaba.
Wisatawan harus belok kiri pada persimpangan yang telah diberi papan nama Grojogan Sewu.
BACA JUGA:Mukomuko Ajukan Penambahan 17 Formasi CASN untuk Lulusan SMA
BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Pastikan Jalan Trans Enggano Rampung 2024, Ini Detail Proyeknya
Supriyanto (48), warga Sumber Urib Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menuturkan bahwa objek wisata Grojogan Sewu selalu ramai dikunjungi pengunjung  setiap akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu .
"Ada yang datang untuk berwisata dan mandi air panas alami, ada juga yang mandi air belerang karena memiliki penyakit kulit yang tidak kunjung sembuh," ujar Yanto sapaan akrabnya.
Disebutkan Yanto, meskipun antara percaya dan tidak percaya mandi air belerang mampu menyembuhkan penyakit kulit menahun, banyak orang yang mandi di sana.
Sebagian orang berkeyakinan air alami dan air belerang mampu menyembuhkan penyakit kulit menahun, seperti panu, kadas an kurap.
BACA JUGA:Hasilnya Bagus Tanpa Ribet, Ini 6 Cara Membakar Ikan agar Tidak Lengket di Teflon
BACA JUGA:3 Petani Mukomuko Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung, Setelah Dipaksa Bayar Ganti Rugi Rp3 Miliar
"Sering terucap, jika penyakit kulit menahun tidak kunjung sembuh berobat ke dokter salah satu alternatifnya adalah mandi air belerang," kata Yanto.
Air panas alami Grojogan Sewui, mengalir secara alami dari puncak Gunung Kaba atau Bukit Kaba sehingga lebih hangat dan sudah menjadi destinasi wisata Desa Sumber Urib Kecamatan Selupu Rejang.
Selain itu juga ada Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) desa setempat.
"Grojogan Sewu, yang artinya pancuran seribu dan memang banyak pancuran yang dibuat untuk mandi air panas termasuk ada kolam renang air panas atau air belerang," kata Yanto.
BACA JUGA:Penyebab Anak GTM Saat MPASI, Perlukah Penanganan?
BACA JUGA:3 Resep Kue Bolu Gulung Enak dan Super Lembut
Air panas atau air belerang ini masih sangat menyengat bau belerangnya.
Air panas di sini berbeda dengan kolam Air Panas Suban, air panas maupun di objek wisata air terjun panas di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi.
"Di Belitar Seberang ada juga, ada juga objek wisata air panas atau air belerang namun tidak terlalu hangat terbukti dari asap yang keluar dari air panas tersebut," kata Yanto.
Sedangkan untuk masuk ke lokasi air panas Grojogan Sewu ditarif hanya Rp 10.000 sudah termasuk parkir kendaraan roda 2. Sedangkan roda 4 Rp 15.000 untuk satu orang dan satu mobil.
BACA JUGA:3 Pejabat MAN 2 Kepahiang Ditahan, Dugaan Korupsi Dana BOS dengan Kerugian Negara Rp619 Juta
BACA JUGA:Sembunyi dalam Gerai Minimarket, Pemuda 27 Tahun di Bengkulu Nekat Gasak HP hingga Puluhan Slop Rokok
 
"Untuk masuk ke lokasi perorangnya hanya Rp 5.000, anda sudah bisa mandi air panas alami atau air belerang," demikian Yanto.
Jadi itu informasi terkait tempat wisata sekaligus bisa mengobati  penyakit kulit tidak kunjung sembuh, boleh coba dengan mandi air belerang di lokasi tersebut.**
Tags : #wisata air panas #kabupaten rejang lebong #desa wisata #bengkulu #air panas #air belerang
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini