Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Akan Guyur Mayoritas Wilayah Indonesia pada Minggu, Bengkulu Berawan

Minggu 07-07-2024,08:51 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memperkirakan bahwa sebagian besar kota besar di Indonesia akan mengalami hujan pada hari Minggu ini.

Menurut informasi yang disampaikan di situs resmi BMKG RI di Jakarta, hujan ringan diperkirakan akan turun di beberapa wilayah.

Seperti Medan, Padang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bandung, Palangkaraya, Banjarmasin, Mataram, Manokwari, dan Jayapura.

Sementara itu, wilayah seperti Yogyakarta, Kendari, Manado, dan Ambon diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Hujan yang disertai petir diperkirakan akan terjadi di Gorontalo dan Mamuju pada siang hari.

BACA JUGA:Di Balik Kesuksesannya, Kiper Timnas Argentina Ternyata Miliki Kisah Hidup yang Mengharukan

BACA JUGA:Tidak Dapat Sekolah, Sebanyak 40 Calon Siswa SMP Kota Bengkulu Mengadu ke Disdikbud

Cuaca berawan juga akan melanda beberapa wilayah, termasuk Tanjung Pinang, Palembang, Bengkulu, Jambi, Semarang, Pontianak, Samarinda, Makassar, dan Ternate.

Sedangkan cuaca cerah berawan diperkirakan akan terjadi di Banda Aceh, Pekanbaru, Surabaya, Denpasar, dan Kupang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa meskipun Indonesia sudah mulai memasuki musim kemarau, potensi dampak bencana akibat hujan masih tinggi di beberapa wilayah.

"Potensi peningkatan hujan disebabkan oleh beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia," jelas Guswanto dikutip antaranews.com, Minggu, 7 Juli 2024.

BACA JUGA:Kadis Sosial Mukomuko Mengundurkan Diri dari Jabatan, Ini Alasannya

BACA JUGA:Wow, Motor Sport Honda Masuk Promo Jumbo: Cek di Sini yang Ditawarkan Astra Motor Bengkulu

"Seperti fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby Kelvin, serta pola sirkulasi siklonik dan La Nina yang memperkuat pembentukan awan hujan," lanjut Guswanto.

Kombinasi dari fenomena-fenomena tersebut diperkirakan oleh tim meteorologi BMKG dapat menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang.

Kategori :