Mana yang Lebih Baik, Rem Tromol atau Rem Cakram? Ini Penjelasannya

Kamis 11-07-2024,10:52 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU,RAKYATBENGKULU.COM - Setiap kendaraan pastinya sudah dilengkapi dengan rem, salah satu tipe rem yang terkenal dan dipakai di beberapa kendaraan adalah tromol.

Dimana rem yang tidak berfungsi dengan baik tentunya pasti dapat menimbulkan bahaya untuk penggunanya serta dengan keamanan pengendara juga dapat terganggu

Saat ini, kendaraan keluaran terbaru telah menggunakan rem cakram, padahal terdapat kelebihan pada rem yang sekarang jarang dipakai itu.

Menggunakan rem tromol maupun cakram memiliki beberapa perbedaan dan keunggulan masing-masing, terutama di dalam konteks kendaraan tertentu dan situasi penggunaan yang spesifik.

Nah, berikut ada beberapa perbedaan dan keunggulan dari penggunaan rem tromol dan rem cakram, yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut ini.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Aki Mobil yang Tekor dan Cari Tahu Apa Penyebabnya

BACA JUGA:7 Penyebab Aki Mobil Tekor, Nomor 5 Tidak Disadari dan Sering Dilakukan

Rem Tromol

1. Kesederhanaan dan Keandalan

Rem tromol cenderung lebih sederhana dalam desain dan konstruksi dibandingkan rem cakram.

Mereka terdiri dari drum logam yang melingkupi sejumlah kecil komponen dalam, yang membuat mereka lebih mudah untuk dirawat dan lebih tahan terhadap kondisi lingkungan yang keras, seperti debu, kotoran, dan air.

2. Biaya yang Lebih Rendah

Secara umum, sistem rem tromol lebih murah dalam hal biaya produksi dan perawatan dibandingkan dengan rem cakram.

Ini membuat mereka menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk kendaraan yang lebih sederhana atau digunakan dalam lingkungan yang tidak memerlukan performa pengereman yang sangat tinggi.

3. Performa yang Baik pada Pemakaian Normal

Kategori :