Tarikan Gas Motor Terasa Berat? Bisa Jadi Karburator Bermasalah, Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

Selasa 16-07-2024,07:53 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tarikan gas motor yang berat adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pengendara dan pemilik sepeda motor. 

Kondisi ini bisa sangat mengganggu kenyamanan dan performa berkendara. Terlebih lagi jika itu adalah kendaraan yang ada gunakan sehari-hari.

Dalam artikel kali ini rakyatbengkulu.com akan membahas penyebab tarikan gas motor menjadi berat dan memberikan tips untuk mencegahnya. Simak selengkapnya dibawah ini:

Penyebab Tarikan Gas Motor Berat

1. Kabel Gas yang Kotor atau Rusak

Kabel gas yang kotor atau mengalami keausan bisa menyebabkan tarikan gas menjadi berat. Kotoran yang menempel pada kabel dapat menghambat pergerakannya, sehingga tarikan gas terasa lebih berat.

BACA JUGA:PPPK dan PNS, Ini Angsuran Pinjaman Rp155 Juta – Rp175 Juta Tenor 1 Tahun di Bank Bengkulu

BACA JUGA:Pertamina Dukung Kegiatan Otomotif Lewat Produk Berkualitas, Merangkul Bakat dan Minat Masyarakat

2. Karburator yang Kotor

Karburator adalah komponen penting dalam sistem bahan bakar motor. Jika karburator kotor, aliran bahan bakar ke mesin akan terganggu, sehingga menyebabkan performa mesin menurun dan tarikan gas menjadi berat.

3. Filter Udara yang Kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke mesin. Jika filter udara kotor, aliran udara ke mesin akan terhambat, sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak optimal.

Hal ini dapat menyebabkan tarikan gas menjadi berat.

4. Penyetelan Kabel Gas yang Tidak Tepat

Kabel gas yang tidak disetel dengan baik juga bisa menjadi penyebab tarikan gas yang berat. Penyetelan yang terlalu kencang atau terlalu longgar dapat mempengaruhi respons tarikan gas.

Kategori :