HONDA

Menjamin Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran Pertamina Sidak SPBE di Bengkulu, Begini Hasilnya

Menjamin Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran Pertamina Sidak SPBE di Bengkulu, Begini Hasilnya

Pertamina sidak SPBE di Bengkulu untuk menjamin elpiji 3 Kg tepat sasaran.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel secara rutin mengadakan inspeksi di berbagai wilayah, termasuk di Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Bengkulu, untuk memastikan penyaluran elpiji 3 kilogram tepat sasaran dan sesuai takaran.

Menurut Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Bengkulu, Mochammad Farid Akbar, inspeksi mendadak ini melibatkan pengecekan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Seperti akurasi mesin pengisian sebelum digunakan dan pengecekan kualitas produk melalui uji laboratorium di Terminal Elpiji.

"Pengecekan meliputi kondisi visual tabung sebelum pengisian, proses uji sampling mesin pengisian setiap awal dan pergantian sif, serta pemasangan seal karet dan tutup pengaman pada segel tabung," kata Farid dikutip antaranews.com, Rabu, 29 Mei 2024.

BACA JUGA:Mendag Zulkifli Hasan Ancam Cabut Izin SPBE yang Kurangi Takaran LPG 3 Kg, Pertamina Ambil Langkah Ini

Pertamina juga melakukan pengecekan kebocoran pada tabung sebelum diangkut ke truk agen dan pelaksanaan uji sampling tabung setiap hari di SPBE, yang dicatat dalam log book harian.

Uji sampling ini mencakup tiga tabung di Unit Filling Machine (UFM) atau mesin pengisi gas, dilakukan setiap pagi sebelum operasional untuk memastikan pengaturan UFM sesuai dengan berat isi tiga kilogram untuk tabung elpiji 3 kilogram.

"Hasil monitor dan pengecekan tersebut selalu dikoordinasikan dengan SPPBE dan dilaporkan melalui aplikasi internal Pertamina, termasuk tindak lanjut jika diperlukan," ujar Farid.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, menyatakan Pertamina juga rutin melakukan inspeksi bersama aparat penegak hukum dan dinas terkait.

BACA JUGA:Pertamina Komitmen Jaga Keberlanjutan Air Bersih di Berbagai Lini Bisnis

Selain itu, management walkthrough (MWT) ke fuel terminal (FT), aviation fuel terminal (AVT), dan SPBE dilakukan untuk memastikan kualitas dan kuantitas produk elpiji yang disalurkan.

"Pertamina Patra Niaga mewajibkan semua SPBE menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebelum pengisian gas ke tabung," tambah Nikho.

Nikho juga menjelaskan bahwa berat total produk elpiji 3 kilogram adalah delapan kilogram, terdiri dari berat tabung lima kilogram dan berat isi elpiji tiga kilogram.

Konsumen yang membeli elpiji di pangkalan resmi dapat menimbang langsung tabung yang akan dibeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: