Laksanakan PIN Polio Tahap 2, Pemprov Bengkulu Gencar Cegah dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Polio

Selasa 23-07-2024,22:24 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Kesehatan Provinsi melaksanakan Kick Of Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap 2 pada Selasa 23 Juli 2023.

Pelaksanaan PIN Polio tahap 2 ini gencar dilakukan guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran dan terjangkitnya penyakit Polio pada anak-anak.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam amanatnya yang disampaikan Asisten I, Khairil Anwar saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap 2 ini menunjukkan komitmen pemerintah.

Komitmen ntuk menjaga kesehatan dan masa depan anak-anak dengan melakukan pencegahan dini terjangkitnya dan penyebaran penyakit polio.

BACA JUGA:Terima Hasil Evaluasi Kinerja dari BPKP, Gubernur Rohidin: Jadi Rujukan Perbaikan Penganggaran

BACA JUGA:Sengketa Bakal Calon Wali Kota Jalur Independen, Bawaslu Kota Bengkulu Periksa 17 Saksi

"Saya mengajak seluruh orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam program ini. Pastikan anak-anak kita mendapatkan imunisasi polio sesuai jadwal yang telah ditetapkan,"  ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan jika perlindungan terhadap polio adalah hak setiap anak dan tugas bersama untuk memastikan hak tersebut terpenuhi.

Ditambah lagi bahwa penyakit polio merupakan salah satu kedaruratan kesehatan masyarakat dan seluruh negara telah berkomitmen untuk mewujudkan eradikasi polio termasuk Indonesia.

Dimana sebagian besar kabupaten/kota di Indonesia dikategorikan wilayah risiko tinggi. Hal ini berdasarkan risiko yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

BACA JUGA:Kebutuhan Avtur di 13 Bandara untuk Haji 2024 Berhasil Dipenuhi Pertamina Patra Niaga

BACA JUGA:Sup Asam Pedas Ala Rumahan, Nikmati Sensasi Hidangan Tradisional yang Bikin Kalap Makan

"Saya berharap melalui program ini, kita dapat mencapai target cakupan imunisasi yang maksimal dan memastikan Provinsi Bengkulu bebas dari Polio. Mari kita bergandengan tangan dan berkomitmen untuk melindungi anak-anak kita dari penyakit Polio," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Mohammad Redhwan Arif menyebutkan jika PIN Polio tahap 2 ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Adapun sasaran PIN Polio ini ialah anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Kategori :