Tips Memilih Calon Bibit dan Merawat Anak Ayam Kampung yang Baru Menetas

Kamis 25-07-2024,08:37 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

Tips Merawat Anak Ayam Kampung yang Baru Menetas

- Kandang yang Bersih dan Aman

Pastikan kandang tempat anak ayam tinggal bersih, kering, dan aman dari predator serta elemen cuaca yang ekstrem seperti angin atau hujan.

- Suhu yang Optimal

Suhu kandang perlu diatur dengan baik. Untuk anak ayam yang baru menetas, suhu idealnya sekitar 32-35°C selama minggu pertama. Secara bertahap turunkan suhu sekitar 3-5°C setiap minggunya sampai mencapai suhu lingkungan.

- Pemberian Makanan dan Minuman

Pastikan menyediakan pakan yang tepat untuk anak ayam kampung, seperti pelet pakan starter yang mudah dicerna dan kaya akan nutrisi. Sediakan juga air bersih dan segar yang mudah dijangkau.

- Perhatikan Konsumsi Makanan

Amati apakah anak ayam mengonsumsi makanan dengan baik. Pastikan pakan tersedia secara cukup dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

BACA JUGA:Resep Martabak Telor yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Begini Cara Pembuatannya

BACA JUGA:Ibu Hamil Tetap Cantik dan Glowing, Ini Tips Memilih Kandungan Skincare untuk Ibu Hamil

- Pantau Kesehatan

Perhatikan tanda-tanda kesehatan anak ayam seperti aktifitasnya, postur tubuh yang tegap, dan bulu yang rapi. Waspadai gejala penyakit seperti lemas, bulu yang berantakan, atau pernafasan yang terengah-engah.

- Handling yang Lembut

Saat menangani anak ayam, pastikan untuk melakukannya dengan lembut dan hati-hati agar tidak menyakiti mereka. Hindari mengangkat anak ayam dari sayapnya karena bisa menyebabkan cedera.

- Pencahayaan yang Cukup

Kategori :