6 Kelebihan Busi Iridium Dibandingkan Busi Biasa, Salah Satunya Umur Pakai yang Lebih Lama

Minggu 01-09-2024,15:27 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Busi iridium adalah jenis busi kendaraan yang menggunakan elektroda iridium pada bagian pusat, dan biasanya juga pada elektroda samping.

Busi ini dirancang untuk memberikan performa yang lebih baik dibandingkan busi konvensional yang umumnya terbuat dari nikel atau logam campuran lainnya.

Busi iridium menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan busi konvensional.

Berikut adalah 6 kelebihan busi iridium, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Merawat Motor Tua, Pastikan Pengapian Motor, Panaskan Secara Teratur

BACA JUGA:8 Cara Tepat dan Benar Merawat Motor Listrik Agar Awet dan Performa Tetap Terjaga, Jangan Abaikan !

1. Umur Pakai yang Lebih Lama

Busi iridium dikenal memiliki umur pakai yang jauh lebih lama dibandingkan busi biasa.

Sering kali, busi iridium dapat bertahan hingga 100.000 km atau lebih sebelum perlu diganti, sementara busi konvensional mungkin hanya bertahan sekitar 20.000 hingga 30.000 km.

2. Performa Pembakaran yang Lebih Baik

Busi iridium memiliki elektroda pusat yang sangat tipis dan kecil, yang memungkinkan percikan api yang lebih efisien.

BACA JUGA:4 Tips Mendeteksi Ikan Nila yang Sakit dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Soundtrack Anime Shinchan Ternyata Suara dari Sheila Dara

Ini mendukung pembakaran bahan bakar yang lebih baik dan lebih lengkap, menghasilkan performa mesin yang lebih optimal.

Dengan pembakaran yang lebih efisien, busi iridium dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar, memungkinkan kendaraan untuk menempuh jarak yang lebih jauh dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.

3. Kinerja Mesin yang Lebih Stabil

Busi iridium memberikan pengapian yang lebih konsisten dan stabil, yang berkontribusi pada kinerja mesin yang lebih halus dan mengurangi risiko terjadinya misfire atau kegagalan pembakaran.

BACA JUGA:8 Tips Merawat Motor Matic Agar Performa Optimal dan Efisiensi Bahan Bakar

BACA JUGA:Tips Praktis Merawat Motor Matik Keyless

Pembakaran bahan bakar yang lebih efisien, dan juga dapat membantu mengurangi emisi gas buang, serta akan membuat kendaraan lebih ramah lingkungan.

4. Tahan Terhadap Suhu Tinggi dan Kondisi Ekstrem

busi iridium memiliki titik lebur yang sangat tinggi (sekitar 2.443°C), sehingga busi iridium dapat beroperasi dengan baik pada suhu mesin yang sangat tinggi tanpa mengalami kerusakan atau penurunan performa.

Busi iridium juga dapat berfungsi dengan baik di berbagai kondisi cuaca, termasuk juga dengan suhu dingin dan panas ekstrem, berkat ketahanannya terhadap korosi dan perubahan suhu.

5. Biaya Perawatan Jangka Panjang

Karena umur pakai yang lebih lama, maka busi iridium dapat mengurangi frekuensi penggantian busi, yang mengurangi biaya perawatan dan waktu yang dihabiskan untuk perawatan kendaraan.

BACA JUGA:Beda Cara Merawat Motor Balap dan Harian Versi AHRT

BACA JUGA:Tips Datang ke Bengkel dan Merawat Motor di Era New Normal

Busi iridium akan menawarkan keandalan yang lebih tinggi dalam jangka panjang, mengurangi kemungkinan masalah terkait busi seperti misfire atau ketidakstabilan mesin.

6. Peningkatan Kinerja Mesin

Busi iridium sering kali memberikan respons mesin yang lebih baik, yang meningkatkan akselerasi dan performa secara keseluruhan serta pengapian yang lebih efisien dan stabil dapat mengurangi getaran mesin, membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman.

Kesimpulan

Busi iridium menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan busi konvensional, termasuk umur pakai yang lebih lama, performa pembakaran yang lebih baik, kinerja mesin yang lebih stabil, dan ketahanan terhadap kondisi ekstrem.

Meskipun harganya lebih tinggi, manfaat jangka panjang dari busi iridium sering kali membuatnya menjadi pilihan yang lebih ekonomis dan efisien dalam perawatan kendaraan.

 

Kategori :