Apa Saja Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari? Berikut 7 di Antaranya

Kamis 05-09-2024,23:27 WIB
Reporter : Reynov Yeheskiel Girsang
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM - Minum air hangat di pagi hari merupakan suatu kebiasaan yang sangat baik bagi tubuh kita, karena tubuh di pagi hari membutuhkan cairan. 

Pada umumnya, minum air putih sangat dianjurkan karena 50-70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Disarankan untuk meminum air kapanpun untuk membantu tubuh untuk tetap terhidrasi terutama pagi hari.

Atau biasanya 8 gelas air putih per harinya yang wajib kita minum.

Pada saat Anda tidur, pastinya tubuh tidak mendapatkan cukup cairan selama kurang lebih 8 jam. Itulah sebabnya rasa haus yang sering terjadi ketika bangun tidur adalah hal yang sangat wajar.

Segelas air putih kerap dikonsumsi sebagai pelepas dahaga di pagi hari maupun ketika kita sedang lelah. Namun, tidak sedikit orang yang minum air putih hangat di pagi hari, terutama saat udara dingin atau sedang sakit. 

Tahu kah anda bahwa minum air hangat di pagi hari memiliki manfaat bagi tubuh kita?

Berikut ini merupakan manfaat air hangat bagi tubuh kita dikutip dari Channel Youtube Dokter Saddam Ismail.

1. Menghidrasi Tubuh

Setelah Anda melakukan tidur sepanjang malam tanpa minum, tubuh tentunya memerlukan hidrasi atau cairan air.

Minum air hangat saat bangun tidur dalam keadaan perut kosong adalah cara terbaik untuk menghidrasi tubuh Anda secara cepat dan efektif.

2. Melancarkan Sistem Percenaan Bagi Tubuh

Minum air hangat di pagi hari terbukti bisa mempelancarkan sistem pencernaan kita di pagi hari. Air hangat memiliki efek vasodilator yang dapat membuat pembulu derah melebar dan merangsang aliran darah menuju usus.

Dengan begitu, usus akan cepat melakukan proses pencernaan. Selain itu juga, meminum air putih hangat juga mampu mengatasi sembelit yang disebabkan oleh minimnya pergerakan di usus.

Pada saat air bergerak memlalui usus dan perut, hal ini bisa membuat tubuh mampu menghilangkan limbah dalam tubuh kita.

3. Menenangkan Sistem saraf

Kategori :