5 Jenis Sumber Alami Mengandung Auksin, Hormon Baik untuk Tanaman

Rabu 25-09-2024,19:24 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM - Ada 5 jenis sumber alami mengandung auksin yaitu hormon baik yang bagus sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman itu sendiri.

Auksin merupakan hormon yang dapat mendorong pertumbuhan tanaman yang sangat penting Agar tanaman jauh lebih baik untuk memicu semua perkembangan dari tanaman tersebut.

Ternyata hormon auksin ini dapat dimiliki oleh tanaman dengan beberapa sumber yang ternyata di dalamnya terkandung auksin ini sehingga sangat baik sekali untuk diaplikasikan pada tanaman.

Berikut ini lima jenis sumber alami yang mengandung banyak sekali hormon auksin di dalamnya yang ternyata baik untuk pertumbuhan tanaman dikutip dari akun Facebook wirausaha pertanian :

BACA JUGA:Peralihan Musim Rentan Penyakit: Penuhi Asupan Nutrisi untuk Menghindari Penyakit Musim Pancaroba

BACA JUGA:Masa Kampanye Pilkada Serentak 2024 Dimulai, 14 Kecamatan Jadi Lokasi Kampanye

1. Bawang merah

Ternyata sumber alami yang mengandung hormon auksin ini terdapat di bawang merah karena mengandung asam idole-3-asetat (IAA) yang merupakan salah satu jenis auksin yang paling aktif.

2. Tauge

Salah satu tanaman juga yang memiliki kaya akan IAA dan hormon tumbuhan lainnya adalah tauge yang sangat bermanfaat sekali untuk pertumbuhan tanaman.

3. Bekicot atau Keong Mas

Ternyata bekicot dan keong mas lendirnya mengandung IAA dan zat pengatur tumbuh lainnya yang dapat digunakan sebagai pupuk organik pada tanaman hingga dapat berkembang menjadi lebih subur.

4. Rebung

Sumber alami lainnya yang mengandung auksin adalah rebung selain memiliki IAA dan senyawa bioaktif lainnya yang sangat baik sekali dalam memacu pertumbuhan akar dan tunas.

BACA JUGA:Sepakat Berdamai, Keluarga Pelaku Pembacokan Tanggung Biaya Pengobatan

BACA JUGA:Dana Desa 2025 untuk Kabupaten di Sulawesi Selatan Bertambah Rp2 Miliar: Berikut Rinciannya

5. Air kelapa

Selain itu sumber alami lainnya yang memiliki banyak sekali manfaat terutama hormon auksin ada di air kelapa dan juga nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

Fungsi hormon dari auksin ini sendiri berguna sebagai pemicu pemanjang batang dan akar Selain itu dapat mendorong pembentukan akar adventif dan juga meningkatkan pertumbuhan Tunas dan daun.

Selain itu hormon auksin sendiri dapat mempengaruhi terjadinya pembungaan dan pembuahan inilah yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan tanaman.

Kategori :