Usir Lemak dengan 7 Minuman Ini Sebelum Sarapan

Kamis 10-10-2024,12:58 WIB
Reporter : Hendri Saputra
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM - Lemak tubuh adalah jaringan yang terdiri dari sel-sel lemak (adiposit) yang berfungsi untuk menyimpan energi dalam bentuk trigliserida. 

Lemak ini penting bagi tubuh sebagai sumber energi cadangan, melindungi organ dalam, membantu dalam penyerapan vitamin larut lemak (seperti vitamin A, D, E, dan K), serta berperan dalam pengaturan suhu tubuh.

Namun, kadar lemak tubuh yang berlebihan atau terlalu rendah dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Kelebihan lemak tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan hipertensi. 

BACA JUGA:7 Strategi Ampuh Menghilangkan Lemak Berlebihan Secara Sehat

BACA JUGA:6 Manfaat Mengonsumsi Ikan Belanak untuk Ibu Hamil, Tinggi Kandungan Asam Lemak Omega-3 yang Menakjubkan

Sebaliknya, kekurangan lemak tubuh juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti masalah hormon, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan gangguan fungsi organ.

Berikut ini adalah beberapa minuman yang populer sebagai pengusir lemak sebelum sarapan yang dirangkum rakyatbengkulu.com antara lain:

1. Air Lemon Hangat

Manfaat:

   - Detoksifikasi alami: Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, yang membantu meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh.

BACA JUGA:8 Manfaat Mengonsumsi Lobster Air Tawar: Rendah Lemak dan Kaya Nutrisi!

BACA JUGA:9 Manfaat Menakjubkan Ikan Patin, Kaya Asam Lemak Omega-3 dan Bisa Cegah Anemia

   - Menstimulasi sistem pencernaan: Air lemon hangat membantu memperlancar sistem pencernaan, yang dapat membantu proses pembuangan lemak dan sisa makanan dari tubuh.

   - Menghidrasi tubuh: Sebelum sarapan, tubuh seringkali mengalami dehidrasi, dan air lemon membantu mengembalikan keseimbangan cairan.

   - Sifat alkali: Meskipun lemon bersifat asam, setelah dicerna, ia memiliki efek alkali yang membantu menjaga keseimbangan pH tubuh.

Cara Konsumsi:

Peras setengah buah lemon ke dalam segelas air hangat, dan minumlah sebelum sarapan.

Kategori :