HONDA

Meski Banyak Kasus Positif Covid-19, Kota Bengkulu Masih Memungkinkan Terapkan New Normal

Meski Banyak Kasus Positif Covid-19, Kota Bengkulu Masih Memungkinkan Terapkan New Normal

BENGKULU - Kota Bengkulu menjadi paling banyak jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 dibanding kabupaten lain di Bengkulu. Dari update terakhir, jumlah pasien positif sebanyak 60 orang dengan rincian 22 orang sembuh, 4 dirawat, 32 isolasi mandiri dan 2 orang meninggal dunia.

Kendati jumlahnya banyak, namun Kota Bengkulu masih memungkinkan menerapkan kebijakan New Normal atau tatanan kehidupan baru. Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, ada regulasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang mengatur tentang kesiapan menuju normal.

"Kesiapan ini dilihat dari beberapa indikator. Salah satu indikatornya adalah dari kasus konfirmasi, dari ODP dan PDP dalam 14 hari terakhir," ungkap Herwan, Rabu (3/6).

Dipaparkannya, jumlah kasus konfirmasi dalam 14 hari terakhir akan dilihat perkembangannya R0 (reproduksi kasusnya) kurang dari 1 atau artinya munculnya kasus baru tidak menginfeksi orang lain. "Di Kota Bengkulu memungkinkan tetapi nanti bertahap. Dilihat R0 (reproduksi) kasusnya kurang dari 1. Artinya setiap kasus baru, tidak menginfeksi lagi, dia terputus menginfeksi lagi yang lain. R0 dalam 14 hari terakhir di bawah 1 memungkinkan Kota Bengkulu disiapkan untuk New Normal," papar Herwan.

Selain itu, juga dilihat kesiapan suatu daerah terutama bila ada kasus baru, kemudian fasilitas penanganan kasus Covid-19 yang baru, kemampuan deteksi pelacakan yang cepat dan pemeriksaan-pemeriksaan. "Sehingga setiap ada kasus langsung dicegah tidak ada kasus baru," demikian Herwan. (zie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: