HONDA

Total Klaster Pasar Positif Covid-19 Sebanyak 19 Orang, Dinkes Lakukan Penelusuran Kontak Erat

Total Klaster Pasar Positif Covid-19 Sebanyak 19 Orang, Dinkes Lakukan Penelusuran Kontak Erat

BENGKULU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes mengatakan, sampai saat ini untuk jumlah klaster pasar yang konfirmasi positif Covid-19 berjumlah 19 kasus. "Yang benar-benar beraktivitas atau bekerja baik sebagai pedagang, penjahit, dan karyawan salah satu perbankan di Pasar Panorama itu berjumlah 10 orang," jelas Herwan, Senin (6/7).

Kemudian, 9 orang lainnya merupakan pengembangan dari kasus konfirmasi 10 orang tersebut. Baik keluarga dekat seperti istri dan anak. "Ini sudah dilakukan tracing dan saat ini sedang dilakukan lanjutan yang kemarin dilaporkan yaitu kasus 139, 140 dan 141. Pada hari ini tim Dinkes Provinsi dan Dinkes Kota Bengkulu melakukan tracing terhadap keluarga terdekat dan lingkungan sekitar," lanjutnya.

Dijelaskan Herwan, penelusuran kontak erat atau contact tracing bertujuan untuk dilakukan penyelidikan epidemiologi sekaligus pengambilan spesimen swab kepada keluarga dekat, suami istri, anak atau keluarga dan lingkungan sekitarnya. "Untuk klaster Pasar Panorama ini artinya sudah dilakukan upaya pencegahan. Untuk yang konfirmasi kita lakukan upaya cepat untuk dilakukan isolasi mandiri baik di rumah dan ada pula yang diisolasi di pusat karantina. Ini dilakukan supaya tidak ada penyebaran lebih lanjut terhadap orang lain baik keluarga dekat maupun lingkungan sekitar," ungkapnya.

Herwan mengimbau kepada tim gugus tugas Kota Bengkulu untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada para pedagang dan kepada pada pembeli agar benar-benar melaksanakan protokol kesehatan. "Wajib menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan dilakukan pengaturan agar tidak ada kerumunan. Ini harus disosialisasikan dan dilakukan pemantauan secara berkala oleh tim," demikian Herwan. (zie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: