HONDA

Penderita Hipertensi Tembus 5 Ribu Orang, Waspadai Paparan Covid-19

Penderita Hipertensi Tembus 5 Ribu Orang, Waspadai Paparan Covid-19

BENGKULU -  Pandemi Covid-19 masih menyelimuti Bengkulu, dari data Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu per 20 September kemarin. Tercatat sebanyak 536 orang yang terpapar virus ini. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes menyampaikan dari jumlah itu, 31 kasus yang dinyatakan meninggal.

“Dari 31 orang yang meninggal ini, rata-rata memiliki komorbit (penyakit penyerta.red)," kata Herwan, Minggu (20/9).

Dikatakannya, penyakit penyerta ini apabila terpapar Covid-19. Maka sangat berbahaya untuk penderitanya. Dimana akan menurunkan sistem imun si penderita. “Perlu diwaspadai dan disiplin protokol kesehatan. Terutama bagi yang memiliki komorbit,” tukas Herwan.

Ditambahkan oleh Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Neli Hartati, bahwa pihaknya juga telah mewanti-wanti bagi warga yang memiliki komorbit saat pandemi ini. Agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Sebenarnya ini juga harus kita kejar, sebab orang orang yang punya komorbit," kata Neli.

Terutama pengidap penyakit tidak menular, lanjutnya, seperti diabetes, hipertensi, jantung. “Jangan sampai mereka terpapar pandemi ini. Kalau kena ke dia, apalagi kondisinya lagi tidak terkendali. Misalnya penderita diabetes melitus, yang penderitanya itu kan seumur hidup harus minum obat. Dan belum tahu status diabetesnya, nah itu yang akan sulit bila terjangkit Covid-19. Sehingga ini bisa berujung ke kematian,” imbuhnya.

Kendati demikian, pihaknya juga tengah melakukan upaya untuk mencegah paparan Covid-19 ini. Salah satunya, bersinergi dengan BPJS ketenagakerjaan, yakni program Aprolanis.

“Itu program untuk penderita penyakit kronis, dibina oleh mereka. Sehingga tau kondisi dan bisa menjalankan cara hidup yang sehat, sehingga penyakitnya bisa terkendali," jelas Neli.

Ia menjelaskan bagi si penderita yang menjalankan program ini. Maka akan diminta untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Seandainya itu tidak dilakukan, baik karena sarana prasarana mengingat masih pada masa pandemi ini. Maka faskes harus menjalankan pelayanan namun juga harus memproteksi diri agar juga tidak tertular. "Apalagi kita tahu bahwa Covid-19 ini penyakit yang menular lewat droplite. Bisa langsung kena ke kita, jangan sampai tidak pakai masker saat melayani," tutupnya. (war) Jumlah Penyakit Tak Menular di Kota Bengkulu   Nama Penyakit                                   Jumlah Penderita Hipertensi                                              5.112 penderita Penyakit Jantung koroner                  558 penderita Diabetes Melitus                                  2.558 penderita Stroke                                                    258 penderita Kanker Leher Rahim                          47 penderita Kanker Payudara                                                58 penderita Gagal Ginjal kronik                             247 penderita Asthma                                                  535 penderita Osteoporosis                                         126 penderita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: