HONDA

TNI Angkatan Laut Perketat Pengamanan Pintu Masuk Pelabuhan Pulau Baai

TNI Angkatan Laut Perketat Pengamanan Pintu Masuk Pelabuhan Pulau Baai

 

BENGKULU - Upaya memaksimalkan pengamanan guna mencegah penyebaran Covid-19 terus dilakukan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu. Kegiatan penanganan dan pencegahan Covid-19 tersebut dilaksanakan disemua sektor,  termasuk Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu.

Bekerjasama dengan dinas terkait meningkatkan pengamanan di pintu masuk pelabuhan Pulau Baai menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M, Jumat (7/8). Kegiatan peningkatan pengamanan di pintu masuk Pelabuhan Pulau Baai bertujuan untuk mengamankan gelombang arus mudik lebaran. Juga pencegahan penyebaran Covid-19 yang mungkin dibawa oleh para pemudik, baik dari Bengkulu menuju Pulau Enggano maupun sebaliknya.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Bengkulu menerjunkan personelnya dari Denpomal Lanal Bengkulu, dan Pos Patkamla Pulau Baai untuk membantu dinas terkait dan Pemprov Bengkulu. Dipimpin langsung oleh Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudi Ardian, selaku Dansatgas Angkutan Laut (Angla) pengamanan mudik masa pandemi Covid-19 Provinsi Bengkulu.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Bengkulu, Letkol Laut (P) Yudi Ardian mengatakan, bahwa pihaknya akan terus berupaya membantu pemerintah daerah setempat untuk melaksanakan operasi penyekatan dan peningkatan pengamanan daerah terkhusus pelabuhan di wilayah Bengkulu dalam rangka menimalisir penyebaran Covid-19.

"Upaya dari Lanal Bengkulu ini merupakan penjabaran dari pemerintah dan pimpinan TNI AL dalam membantu pemerintah daerah dalam menangani dampak virus corona di daerah masing-masing," kata danlanal.

Danlanal menambahkan, Pimpinan TNI dan TNI AL telah mengeluarkan perintah dan arahan agar pihak TNI AL bersama-sama dengan unsur-unsur TNI-Polri, Pemerintah daerah, KSOP, ASDP, KKP dan Karantina bersinergi untuk membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing, termasuk Provinsi Bengkulu.

Lanjutnya, peningkatan pengamanan angkutan laut akan dilakukan sesuai surat edaran dari pemerintah, yaitu 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang. Dalam pelaksanaannya lebih ditekankan pada penerapan protokol kesehatan.

Diketahui Pelabuhan Pulau Baai sendiri melayani kapal penumpang KMP. Pulau Tello dan Sabuk Nusantara dengan rute dalam provisi Bengkulu - Pulau Enggano. (tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"