HONDA

Delapan Tanda Perjalanan Tanpa Batas, Konser Dua Hari Perayaan Anniversary BTS

Delapan Tanda Perjalanan Tanpa Batas, Konser Dua Hari Perayaan Anniversary BTS

SEOUL – BTS merayakan ulang tahunnya yang kedelapan. Perayaan itu dikemas dalam konser BTS 2021 Muster SoWooZoo selama dua hari. Yakni, kemarin (13/6) dan hari ini (14/6). Konser digelar secara online dan disaksikan para Army dari segala penjuru dunia.

Panggung #8thYearsToInfinityWithBTS dibuka dengan aksi V, Jungkook, Jimin, Suga, Jin, RM, dan J-Hope yang berada di truk. Memakai outfit bernuansa putih dan kuning, mereka membawakan lagu Life Goes On. Truk itu melintasi panggung megah di area outdoor Seoul Olympic Stadium. Mereka lantas membawakan lagu terbaru, Butter.

’’Sudah lama kami tidak berada di panggung terbuka. Jika aku berteriak, kurasa seluruh Army di Korea akan mendengarnya. Haruskah aku mencobanya?’’ ujar Jin dari atas panggung.

Panggung tersebut berbentuk angka 8 dengan nuansa luar angkasa. Menurut V, tema konser itu adalah petualangan. ’’Ini anniversary kedelapan dan Muster ini sangat spesial. Kamu mungkin telah melihat ini, tapi panggungnya berbentuk angka 8 atau infinite (tanpa batas),’’ kata Jimin.

Selain Butter dan Life Goes On, BTS juga menampilkan hit Dynamite versi tropical remix, Idol, Fire, Not Today, dan So What. Yang paling mengejutkan Army adalah penampilan Daechwita OT7 version. Yakni, lagu solo Agust D alias Suga. Namun, di atas panggung SoWooZoo, keenam member lain ikut menyanyikan lagu rap itu. Lengkap dengan konsep panggung seperti video musik asli Daechwita.

BTS juga berinteraksi dengan Army secara virtual. Mereka mendatangi layar yang menampilkan para Army. Para member mengatakan bahwa Army sangat spesial bagi mereka. Bahkan, V mengaku menyimpan rekaman suara chant Army dalam file khusus, yang dibenarkan member lainnya. ’’Suara yang kalian kirimkan sangat menghiburku. Aku menyadari betapa suara kalian berarti bagi kami,’’ sahut Jin.

BTS lantas melantunkan Dis-ease. Itu adalah penampilan panggung pertama lagu Dis-ease. ’’Kami menampilkan Dis-ease untuk kali pertama dan aku dengan Army juga sangat ingin mendengarnya. Aku senang telah menyelesaikan penampilan pertama ini,’’ ucap J-Hope.

Panggung SoWooZoo turut diwarnai aksi kocak para member. Salah satu yang paling disukai Army adalah ketika Jungkook mengejar V di atas panggung, lalu menyiramnya dengan sebotol air. Kelima member lain hanya menatap mereka sambil tertawa. Ada pula goyangan unik V yang menemui Suga hanya untuk meminta botol minumnya dibukakan.

Lalu, ada momen ketika para member menemukan serangga di panggung. Jimin berujar happy birthday kepada serangga tersebut. Jin menyahut bahwa itu bukan ulang tahun serangga. ’’Tapi, bisa saja itu hari ulang tahunnya,’’ ujar Jungkook.

Penampilan hari pertama itu ditutup dengan lagu Mikrokosmos. Para member meminta Army terus bersabar hingga mereka bisa bertemu secara langsung. ’’Hari ini kami bisa tampil langsung dengan penuh. Hal-hal menjadi lebih baik dengan itu. Aku pikir kita sudah separo jalan, aku pikir kita tepat berada di tengah. Kita hampir tiba. Aku harap hari itu segera tiba dan kita bisa bertemu lagi. Semangat, kami menunggumu!’’ tutur Jin.

Jungkook mengatakan hal senada. ’’Menurutku, kita terbiasa dengan hal-hal yang mudah. Setelah comeback kami, setelah ON, kami tampil tanpa Army secara fisik dan hari ini aku tahu kalian terpisah. Tapi, kami masih bisa melihat wajah kalian dan aku sangat senang. Aku merindukan kalian bahkan tanpa melihat,’’ paparnya di pengujung acara.

Untuk hari kedua, konsep yang diusung adalah World Tour. BTS bakal memainkan set list, termasuk lagu-lagu luar negeri mereka. (adn/c18/ayi)

Capaian Besar BTS di Tahun ke-8

1. Dinobatkan sebagai Entertainer of the Year versi majalah Time pada Desember 2020. Lizzo, Entertainer of the Year versi Time, menyebut BTS sebagai artis K-pop terbesar yang tak hanya menguasai tangga lagu, tapi juga menjadi band terbesar di dunia.

2. Menjadi artis pertama dalam sejarah Mnet Asian Music Award (MAMA) yang memenangkan Artist of the Year lima tahun berturut-turut. Juga, dua tahun berturut-turut menyapu bersih penghargaan Daesang (Album of the Year, Song of the Year, Worldwide Icon of the Year, dan Artist of the Year).

3. Untuk kali pertama, BTS memuncaki Billboard Hot 100 lewat single Dynamite. Posisi itu dipertahankan selama tiga pekan. Lagu tersebut juga membuat BTS memperoleh nominasi Grammys pertamanya. Yakni, Best Pop Duo/Group Performance.

4. Dynamite memecahkan rekor sebagai lagu terlama yang memuncaki Digital Song Sales Chart, yaitu selama 18 pekan. Sebelumnya, rekor itu diraih Luis Fonsi & Daddy Yankee lewat Despacito feat Justin Bieber selama 17 pekan.

5. Video musik Butter memecahkan rekor penayangan YouTube Premiere dengan 3,89 juta pemirsa serentak. Rekor sebelumnya dipegang Dynamite dengan lebih dari 3 juta pemirsa serentak.

6. Video musik Butter juga menjadi video musik dengan jumlah penonton terbanyak selama 24 jam pertama, yaitu 108,2 juta. Angka itu mengalahkan Dynamite dengan 101,1 juta viewers.

7. Untuk kali pertama, BTS mendapat sertifikasi double-platinum dari Recording Industry Association of America (RIAA) lewat Dynamite. Sertifikasi itu didapat setelah Dynamite terjual 2 juta unit. Dynamite juga mendapat sertifikasi gold dan platinum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: