HONDA

Delapan Formasi Masih Nihil Pelamar, 1.403 Pendaftar CPNS Pemprov Bengkulu

Delapan Formasi Masih Nihil Pelamar, 1.403 Pendaftar CPNS Pemprov Bengkulu

BENGKULU - Memasuki dua pekan pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sudah terdaftar 1.403 pelamar.

Kendati demikian, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Diah Irianti melalui Kepala Bidang Pemberhentian, Pengadaan, Informasi dan Kepegawaian (PPIK), Rufran menyayangkan, hingga kemarin masih nihilnya pelamar di delapan formasi.

‘’Ada delapan formasi yang belum ada pelamarnya. Tujuh diantaranya dokter spesialis, satu fisioterapis. Kita tetap berharap semua formasi ada pelamarnya. Masih ada waktu sampai 24 Juli,’’ ujar Rufran.

Dijelaskannya, tujuh formasi dokter spesialis, diantaranya spesialis bedah torak dan kardiovaskuler, spesialis jantung, spesialis paru, spesialis rehabilitasi medik, spesialis syaraf, dan dokter spesialis penyakit dalam.

Dimana, formasi ini pada pendaftaran CPNS sebelumnya juga nihil pelamar.

Adapun 1.403 pelamar CPNS, lanjut Rufran akan memperebutkan 37 Kuota dari 23 formasi yang dibuka tahun ini.

Pendaftar terbanyak, hingga kemarin, untuk formasi Satpol PP yang menyediakan 5 kuota, khusus lulusan SMA sederajat.

‘’Lima kuota formasi Satpol PP memang paling banyak diminati. Bahkan sudah ada 1.007 pendaftar merupakan lulus SMA sederajat. Sebanyak 259 orang yang sudah melakukan submit lamaran,’’ ungkap Rufran.

Sejauh ini, Rufran melanjutkan, pihaknya belum menemui kendala dalam masa pendaftaran seleksi CPNS Pemprov Bengkulu.

"Namun yang berkas pelamar TMS (tidak memenuhi syarat) itu, kebanyakan karena surat keterangan domisilinya bukan yang dikeluarkan Dukcapil. Juga ada TMS terkait berkas ijazah. Tetapi nanti kan ada masa sanggah. Kalau mereka nanti bisa menjelaskan dan menurut kita bisa menerima,’’ ungkapnya.

Namun, apabila dalam masa sanggah nanti, kelengkapan administrasi pendaftar tidak bisa dibuktikan, maka dipastikan pendaftar langsung dinyatakan gugur.

‘’Kalau syarat IPK kita terbilang rendah, hanya 2,5. Untuk SMA, nilai rata-rata ijazah minimal 7. Itu sesuai dengan intruksi pimpinan. Tujuannya membuka seluas-luasnya kesempatan yang ingin ikut seleksi CPNS,’’ ujarnya.

Sementara itu, untuk pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) khusus formasi guru sudah mencapai 1.396 orang.

Yang saat ini diketahui tim dari Dikbud Provinsi Bengkulu tengah berkoordinasi dengan pusat berkenaan dengan pendaftaran tersebut.

"Sekarang untuk pemberkasan sesuai dengan aturan. Mereka daftar secara online nanti untuk berkas fisik menyusul setelah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dinyatakan lulus. Karena masa pandemi ini kan kita harus sama sama menjaga,’’ sebut Rufran. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: